Apa itu LMS dan Apa Manfaatnya?

Foto oleh Christina Morillo dari Pexels

Pernahkah Anda mendengar tentang LMS (Learning Management System)? Jika Anda belum pernah mendengar tentang LMS, Anda mungkin bertanya-tanya tentang apa itu LMS, mengapa bisnis menggunakannya, bagaimana Anda dapat memanfaatkannya, dan berbagai pertanyaan lainnya.

Dilansir dari Wikipedia, LMS (Learning Management System) adalah aplikasi perangkat lunak untuk administrasi, dokumentasi, pelacakan, pelaporan, otomatisasi, dan penyampaian kursus pendidikan, program pelatihan, atau program pembelajaran dan pengembangan. LMS dirancang untuk mengidentifikasi kesenjangan pembelajaran, menganalisis dan melaporkan data secara otomatis.

Apa itu LMS dan Apa Manfaatnya?

Sederhananya, LMS (Learning Management System) merupakan jenis perangkat lunak yang menampung konten pendidikan atau pelatihan untuk siswa atau karyawan atau pelanggan. LMS memungkinkan bisnis untuk mentransfer program pelatihan dan pengembangan Anda ke dalam lingkungan online.

Baca juga:  Apa itu Kalimat Majemuk? Temukan Jawabannya Disini

Dalam hal ini, pemimpin bisnis dapat mengatur program pembelajaran dan mengurangi waktu yang diperlukan untuk membuat kursus dan mendistribusikannya kepada kolega atau siswa Anda. Sistem LMS bervariasi mulai dari CD audio/video lagu anak-anak dasar hingga perangkat lunak canggih apa pun untuk memajukan program atau bisnis manajemen pengajaran.

Learning Management System standar dapat melakukan berbagai tugas e-learning seperti memberikan materi kepada siswa, diskusi melalui obrolan atau telekonferensi antara peserta didik dan instruktur, tes, mencatat skor, melaporkan dan melacak kemajuan peserta didik. Biasanya LMS memiliki ribuan modul untuk merencanakan, mengimplementasikan, dan menilai proses pembelajaran tertentu.

Manfaat Learning Management System

Biasanya learning management system memiliki ribuan modul untuk merencanakan, mengimplementasikan, dan menilai proses pembelajaran tertentu. Modul pembelajaran ini terdiri dari social wall, gamification, multi-tenancy, machine learning, data analytics, dan lain sebagainya.

Learning management system menyebarkan, dan mengukur aktivitas pembelajaran di seluruh organisasi. Ini digunakan untuk menyampaikan materi kursus online kepada pengguna melalui program elearning dan membantu melacak kemajuan dan kinerja pelajar. Ada banyak manfaat LMS, salah satunya sebagai berikut ini:

Baca juga:  Bagaimana Keanggotaan Panitia Perancang UUD 1945? Begini Sejarahnya

1.Hemat Waktu dan Uang

Salah satu manfaat LMS adalah menghemat waktu dan uang. Dalam hal ini, Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk melacak kegiatan pembelajaran dan mengevaluasinya. Laporan yang terkait dengan kemajuan peserta didik dibuat secara otomatis dan nilai diberikan sesuai dengan kinerjanya. Hal ini juga membantu pendidik untuk membuat modul pembelajaran tertentu untuk peserta didik tergantung pada kemajuan mereka dalam belajar.

2.Informasi Mudah Diakses

Semua kursus dan materi dalam learning management system disusun secara terorganisir sehingga layak bagi penggunanya untuk mengakses konten. Pendidik dapat memiliki akses ke konten dan materi pembelajaran kapan saja dan dari mana saja. Selama ada internet, semua bisa diakses dengan cepat dan mudah.

3.Kustomisasi

Ada keuntungan tersendiri jika menggunakan learning management system khusus. LMS khusus menawarkan setiap organisasi dan lembaga untuk mempersonalisasi konten mereka sesuai kebutuhan mereka. Semua konten yang diunggah di dalamnya dapat dibuat khusus dan diberikan kepada karyawan dan pelajar agar sesuai dengan kebutuhan mereka.

Baca juga:  Bisa Dapat Diskon, Begini Lho Cara Bayar Ruangguru via Kredivo

4.Membuat Konten Belajar yang Menarik

Learning management system memungkinkan lembaga pendidikan dan bisnis untuk membuat konten pembelajaran multimedia yang praktis dan komprehensif, menggunakan gambar, video, audio dan teks yang berfungsi sebagai alat yang tepat saat mempelajari kursus atau keterampilan baru.

Selain itu, peserta didik juga dapat berkomunikasi dengan pendidik mereka serta teman sekelas melalui platform obrolan dan forum online. Ini membantu dalam menciptakan lingkungan belajar yang kolaboratif, interaktif, menarik dan pribadi.

5.Dukungan untuk Selalu Up To Date

LMS memungkinkan administrator untuk memperbarui kursus secara instan, atau menambahkan materi dan sumber daya untuk siswa sehingga peserta didik tetap up to date dengan informasi yang ada saat ini. Baik itu konten mikro atau video baru yang menarik tentang teknologi baru, semuanya dapat diperbarui pada learning management system dan diberikan kepada mereka yang tertarik dengan genre tersebut.

Selain yang disebutkan diatas, tentunya masih banyak manfaat learning management system lainnya.