Apa Itu Kalimat Kompleks? Temukan Jawaban Lengkapnya Disini

Apa Itu Kalimat Kompleks
sumber gambar ; unsplash.com

OMTELOLET – Apa itu kalimat kompleks? barangkali, tidak semua orang mengetahui apa yang dimaksud dengan kalimat kompleks. Bahkan, bisa jadi, orang-orang bahkan tidak pernah mendengar apa yang dimaksud sebagai kalimat kompleks. Padahal, setiap jenis kalimat memiliki peranan yang sangat penting dalam menentukan kelancaran proses komunikasi yang dilakukan.

Maka, orang-orang pun perlu memahami dengan baik setiap jenis kalimat yang ada, agar bisa melakukan proses komunikasi dengan baik. Nah, dalam hal ini termasuk juga kalimat kompleks, orang-orang perlu memahami pengertian, ciri, struktur dan juga contoh dari kalimat kompleks.

Atas dasar itu, di artikel ini akan dibahas mengenai pengertian, ciri, struktur dan juga contoh dari kalimat kompleks.

Apa Itu Kalimat Kompleks

Kalimat kompleks adalah jenis kalimat yang terdiri dari dua klausa, yakni klausa utama dan juga klausa subordinatif. Perbedaannya adalah, klausa utama dapat bermakna sebagai kalimat lepas, sedangkan klausa subordinatif harus bergantung kepada klausa utama,

Baca juga:  Review English Academy Vs English First

Kalimat kompleks dalam konteks penggunaannya dapat digunakan untuk menjelaskan dua kejadian yang terjadi dalam waktu yang bersamaan. Sehingga, kalimat kompleks juga kerap disebut sebagai kalimat majemuk bertingkat, dikarenakan menjelaskan dua kejadian yang terjadi dalam waktu yang relatif bersamaan.

Ciri Kalimat Kompleks

Kalimat Kompleks memiliki beberapa ciri khusus yang dapat dikenali melalui beberapa hal berikut ini.

  • Kalimat kompleks dapat dikenali karena memiliki dua subjek ataupun predikat. Baik subjek atau predikat yang bersifat implisif maupun juga eksplisit.
  • Kalimat kompleks memang menjelaskan terjadinya dua peristiwa dalam waktu yang bersamaan, bahkan bisa lebih.
  • Dua struktur yang terdapat dalam kalimat kompleks akan dipisahkan oleh tanda koma, atau disebut sebagai konjungsi subordinatif.
Baca juga:  Apa yang Dimaksud dengan Kalimat Thayyibah? Ini Penjelasannya!
Apa Itu Kalimat Kompleks
sumber gambar ; unsplash.com

Struktur dalam Kalimat Kompleks

Struktur dalam kalimat kompleks dapat dipahami sebagaimana penjelasan berikut ini.

  • Struktur dalam kalimat kompleks terdiri atas 1 klausa utama dan juga 1 klausa subordinatif. Klausa utama memiliki setidaknya dua komponen, yakni Subjek dan juga Predikat.
  • Klausa Subordinatif terdiri atas konjungsi subordinatif, subjek dan juga predikat (Konj-S-P). Meskipun begitu, dalam kalimat kompleks, Klausa Subordinatif hanya dapat mewakili satu fungsi dari kalimat yang bisa berupa subjek, objek ataupun juga keterangan.

Contoh Kalimat Kompleks

  • “Ketika petir menyambar, Joni masih berada ditengah lautan”
  • “Bila uangku masih tersisa banyak, aku ingin pergi ke Macau tahun depan”
  • “Vincent masih terus berlari mengejar bola, meskipun betis kanannya sudah berlumuran darah”
Baca juga:  Cari Jurusan Kuliah Yang Tidak Ada Matematika? Ini Salah Satu Rekomendasinya!

Sumber referensi ; https://www.brainacademy.id/blog/kalimat-kompleks