Apa itu Kalimat Aktif? Baca Penjelasannya Disini

Apa itu Kalimat Aktif
sumber gambar ; unsplash.com

OMTELOLET – Apa itu kalimat Aktif? barangkali, sebagian besar orang mungkin belum banyak mengetahui pengertian dari kalimat aktif. Pasalnya, setiap jenis kalimat juga memegang peranan penting dalam kelancaran proses komunikasi di berbagai bidang kehidupan.

Kalimat aktif juga termasuk kedalam jenis kalimat yang memegang peranan penting dalam kelancaran proses membaca yang dilakukan orang-orang. Maka, orang-orang perlu mengetahaui apa itu kalimat aktif? baik dari pengertian, ciri dan juga jenisnya.

Atas dasar itulah, di artikel kali ini akan dibahas mengenai kalimat aktif. Tujuannya jelas, agar orang-orang memahami konsep dari kalimat aktif. Sehingga, orang-orang bisa memahami apa itu kalimat aktif sebagaimana fungsinya dalam kegiatan komunikasinya setiap harinya.

Baca juga:  Bagaimana Cara Bersyukur kepada Allah?

Apa itu Kalimat Aktif?

Kalimat aktif adalah salah satu jenis kalimat yang disusun untuk menyatakan keberadaan tindakan yang dilakukan oleh subjek. Tindakan yang terdapat dalam kalimat aktif tersebut dikenal sebagai predikat dalam kalimat aktif. Artinya, objek dalam kalimat aktif menjadi hal tujuan dari tindakan ataupun perbuatan yang sudah dilakukan oleh subjek.

Ciri Kalimat Aktif

Kalimat aktif memiliki beberapa ciri yang dapat dikenali sebagaimana berikut ini ;

  • Ciri pertama dari kalimat aktif adalah memiliki imbuhan Ber- dan Me- di bagian predikatnya. Menambahkan salah satu imbuhan tersebut akan dapat menjadi penegas yang membedakan antara kalimat aktif dengan jenis kalimat lainnya. Hal itu berguna untuk memperkuat posisi kata kerja dalam predikat kalimat aktif.
  • Ciri kedua dari kalimat aktif adalah subjeknya yang selalu melakukan tindakan secara langsung. Ciri tersebut sangat memudahkan para pembacanya dalam memahami pesan yang dituliskan oleh penulisnya. Sehingga, penyampaian pesannya tersebut menjadi akurat dan tidak menimbulkan salah tafsir bagi pembacanya.
Baca juga:  Cara Bayar Ruangguru melalui Bank BCA, Cek Disini Sekarang!
Apa itu Kalimat Aktif
sumber gambar ; unsplash.com
  • Ciri ketiga dari kalimat aktif yakni berdasarkan pola kalimatnya. Pola kalimat dalam kalimat aktif tersusun dari S-P-O-K dan juga S-P-K. Hal itu sekaligus pedoman dasar bagi setiap orang dalam menuliskan kalimat aktif. Subjek dalam kalimat aktif akan selalu diposisikan untuk melakukan tindakan secara langsung. Subjek tidak dapat melakukan tindakan tanpa melalui perantara, sebagai ciri dari kalimat aktif.

Contoh Kalimat Aktif

  1. Robi menendang bola di lapangan dengan keras.
  2. Vela membeli daging sapi di Supermarket.
  3. Zidane bermain game online sampai dini hari.
  4. Dean merebus air setiap sore.
  5. Valdo bermain gitar di balkon kamar.
  6. Indah berenang di kolam belakang rumahnya.
  7. Tedy Memancing Ikan di sungai Citarum.
Baca juga:  Daftar Jurusan dan Akreditasi di Unindra Beserta Biaya Kuliah, Cek Disini!

Sumber referensi ; https://www.kelaspintar.id/blog/tips-pintar/kalimat-aktif-11983/