Apa Arti Mahasiswa?

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Mahasiswa adalah status yang diberikan kepada mereka yang sedang menempuh pendidikan di tingkat perguruan tinggi. Status ini menjadi status tertinggi bagi seorang pelajar yang menempuh pendidikan formal. Namun selain itu, apa arti mahasiswa secara lebih dalam? Untuk memahaminya, mari kita membahasnya!

Apa Arti Mahasiswa?

Mahasiswa terdiri dari dua kata, yaitu Maha dan Siswa. Maha dapat diartikan sebagai yang ter  atau lebih tinggi derajatnya, dan siswa dapat diartikan sebagai pelajar atau seseorang yang sedang menempuh pendidikan formal. Dengan kata lain, mahasiswa dapat diartikan sebagai seseorang yang terpelajar dan lebih tinggi derajat atau tingkat lanjutan dari siswa. 

Dalam KBBI, mahasiswa diartikan sebagai orang yang belajar di perguruan tinggi. Menurut Guardian of value, mahasiswa adalah upaya menuntut ilmu pada jalur yang lebih tinggi dimana mahasiswa tidak hanya sebatas belajar teori saja namun juga memahami dan mengimplementasikan nilai-nilai kemasyarakatan. 

Baca juga:  Yuk, Ketahui Perbedaan Kedokteran dan Pendidikan Dokter

Moral Force mendefinisikan mahasiswa sebagai orang yang memiliki tingkat pendidikan tertinggi dibandingkan pelajar lainnya. Dalam hal ini, mahasiswa pada dasarnya menyandang status moral yang baik dan memiliki tingkat intelektual yang tinggi.

Apa Saja Peran Mahasiswa ?

Mahasiswa sebagai seseorang yang menyandang status pelajar tertinggi memiliki berbagai peran dan fungsi dalam kehidupan bermasyarakat. Adapun peran yang dimaksud tersebut, yaitu:

1.Agent Of Change

Mahasiswa berperan sebagai agent of change atau agen perubahan, dimana mahasiswa selalu menjadi garis terdepan dalam menyuarakan aspirasi masyarakat utamanya pada saat terjadi perubahan kebijakan pemerintah. Mahasiswa kerap kali melakukan aksi-aksi di lapangan untuk menyuarakan kepentingan rakyat. 

2.Guardian Of Value

Baca juga:  Inilah Review Lengkap Ruangguru Vs Zenius, Mana Pilihan Kamu?

Guardian of value artinya mahasiswa berperan penting dalam menjaga nilai-nilai kebajikan di masyarakat. Mahasiswa berperan untuk menjaga dan melestarikan nilai tersebut agar tetap tumbuh dan berkembang dalam kehidupan sehari-hari.

3.Iron Stock

Iron stock artinya mahasiswa dituntut untuk selalu memiliki kepribadian baik sebagai generasi muda yang akan membangun bangsa dan negara di tahun-tahun mendatang. 

4.Moral Force

Mahasiswa berperan sebagai moral force artinya mahasiswa sebagai kalangan intelektual dituntut untuk selalu mencerminkan nilai karakter yang baik sesuai tingkat intelektual yang dimiliki. 

5.Social Control

Mahasiswa sebagai social control artinya mahasiswa berperan dalam melakukan kontrol terhadap hal yang bertentangan dengan kepentingan masyarakat agar kembali ke poros yang benar. 

Baca juga:  Inilah Cara Daftar Program MUN, Siap Jadi Delegasi di PBB!

Itulah penjelasan terkait apa arti mahasiswa dan juga peran yang melekat bagi siapa saja yang menyandang status tersebut.