Anak Indigo Menurut Psikologi dan Medis

indigo menurut psikologi
Sumber: klikdokter.com

Anak indigo memiliki kemampuan khusus yang tidak dimiliki oleh anak-anak lain. Kemampuan tersebut biasanya disangkut-pautkan dengan hal mistis. Lalu bagaimana indigo menurut psikologi dan pandangan medis?

Dilansir dari beberapa sumber, berikut penjelasan fenomena indigo dalam dunia medis:

Seorang anak indigo disinyalir memiliki sensitifitas tinggi yang dapat membuka indra keenamnya. Sehingga mereka kerap memliki kemampuan seperti halnya paranormal, misalnya membaca pikiran orang, melihat masa lalu, hingga meramalkan masa depan.

Akan tetapi, dalam dunia medis dan psikologi fenomena khusus yang dialami anak indigo belum mendapat jawaban yang pasti. Sehingga tidak heran pula banyak yang meraguka konsep indigo ini. Sebab sensitifitas yang dimiliki anak indigo juga dapat dimiliki oleh anak-anak biasa.

Ciri-Ciri Anak Indigo

indigo menurut psikologi
PublicDomainPictures/Pixabay.com

Anak indigo biasanya memiliki beberapa ciri, di antaranya:

  • Memiliki kelebihan dari segi akademis

Anak indigo biasanya memiliki kapasitas otak yang lebih besar dari anak pada umumnya. Makanya mereka akan terlihat lebih menonjol karena memiliki kecerdasan yang tinggi.

  • Lebih kreatif

Anak indigo mampu melihat atau berpikir sesuatu yang tidak terbayangkan oleh orang lain. Sebab anak indigo memiliki jiwa inovasi yang membuatnya dapat menyelesaikan masalah yang bahkan tidak terpikirankan oleh orang dewasa.

  • Memiliki intuisi lebih peka

Memiliki kepekaan yang tinggi membuat anak indigo memiliki intuisi yang kuat juga. Ia dapat menyimak, mengendalikan, dan menyelesaikan masalah dengan cepat dan tepat.

  • Memiliki kecenderungan watak yang keras

Ciri anak indigo ini mengharuskan orang tua memiliki kesabaran yang lebih besar. Sebab, sebagai seorang yang memiliki watak keras, anak indigo cenderung memiliki energi berlebihan dan selalu ingin diperlakukan dengan adil menurut versinya.

Baca juga:  Tarif Konsultasi Indigo Sampai Puluhan Juta, Siapa Aja Nih?

Dari ciri-ciri tersebut, ilmu medis menyebut anak indigo sebagai anak yang memiliki sensitifas tinggi. Akan tetapi, penelitian membuktikan sebanyak 15 persen dari keseluruhan anak-anak memiliki sensitifas yang tinggi juga. Bukan hanya sensitifitas emosional, tetapi juga sensitifitas fisik terutama yang menyangkut kepekaan. Misalnya cahaya yang terlalu terang, atau keramaian yang mudah mengganggu mereka. Itulah mengapa banyak ditemukan anak yang memiliki ciri-ciri indigo.

Melihat Kondisi Anak Indigo Berdasarkan Medis

Dilansir dari Klikdokter.com, dr. Sara Elise Wijono, M. Res, menjelaskan bahwa istilah indigo tidak masuk ke dalam ranah medis. Sebab kondisi yang dialami seorang indigo tidak memiliki standar medis dan standar diagnosis. Jadi tidak ada alat ataupun prosedur medis yang dapat membuktikan kebenaran terkait kondisi anak indigo.

Baca juga:  Manfaat Indigo, yang Berbau Mistis dan Non-Mistis

Ilmu psikologi memandang istilah indigo dengan pendapat yang berbeda. Menurut seorang psikolog bernama Ikhsan Bella Persada, M.Psi., istilah indigo disebut sebagai gifted  atau berkat jika dilandaskan dengan ilmu psiklogi. Menurutnya, anak indigo cenderung sangat sensitif. Akan tetapi, senstif yang dimaksud bukan hanya dalam emosinya, tetapi lebih peka terhadap hal-hal yang ada di dalam diri dan sekitarnya. Kondisi tersebutlah yang membuat anak indigo mudah mengembangkan imajinasi, inovasi, berpikir kreatif, dan memiliki intuisi yang kuat.

Anak indigo sering kali memiliki kapasitas otak yang besar sehingga membuatnya terlihat lebih menonjol. Akan tetapi mereka sering kali bermasalah jika berhubungan dengan orang lain. Apalagi terkait dengan hal-hal yang berbau otoritas. Sebagai seorang yang cerdas dia akan sulit menerima kondisi yang menempatkan dirinya menjadi seseorang yang diperintah. Sehingga ia kerap dikenal sebagai anak yang suka membuat masalah.

Selain itu, anak indigo juga memiliki kemampuan khusus yang tidak dapat dijelaskan dengan nalar. Oleh karena itu, ilmu psikologi tidak dapat menjelaskan secara pasti tentang fenomena tersebut. Akan tetapi ilmu psikologi mengakui akan kemampuan khusus yang dimiliki seorang indigo.

Hubungan Anak Indigo dengan Kesehatan Mental

Rondell Melling/Pixabay.com

Anak indigo kerap menjadi sosok trouble maker dalam lingkungannya karena mereka memiliki beberapa masalah sosial dan emosi.

Baca juga:  5 Hal Menyebalkan yang Harus Dialami Seorang Indigo

Memiliki sensitifitas yang tinggi membuat anak indigo sering dianggap aneh. Oleh karena itu, mereka sering diaggap memiliki masalah kesehatan mental. Akan tetapi, menurut Ikhsan kondisi kesehatan mental yang berkaitan dengan anak indigo belum dapat dipastikan. Walaupun demikian, menurutnya anak indigo memang memiliki kepribadian dan pemikiran yang unik.

Anak indigo cenderung memiliki banyak energi, mudah emosi, dan keras kepala. Hal itu membuat anak indigo seringkali disangkut-pautkan dengan ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder).

Attention Deficit Hyperactivity Disorder atau ADHD adalah gangguan kesehatan mental yang menyebabkan anak kesulitan untuk memusatkan perhatian. Anak dengan kondisi tersebut juga tampak memiliki banyak energi sehingga sangat aktif (hiperaktif).

Menurut Ikhsan, anak indigo memang sering dianggap sebagai sosok yang mengalami masalah mental. Akan tetapi, psikolog atau psikiater sering kali kesulitan untuk mengindikasikan pola perilaku anak dengan kondisi tersebut; apakah berkaitan dengan AHDH atau tidak.

Terlepas dari ada atau tidaknya hubungan anak indigo dengan kondisi ADHD, orangtua yang mendapati gejala-gejala tersebut pada buah hatinya dianjurkan untuk segera berkonsultasi kepada psikolog agar mendapat penanganan yang tepat.

Sumber:

  1. “Kenali Ciri-ciri Anak Indigo pada Anak Anda”. https://www.alodokter.com/mungkin-anak-anda-termasuk-ke-dalam-ciri-ciri-anak-indigo

Lestari, Tri Yuniwati. 2021. “Mengenal Fakta Medis di Balik Istilah Anak Indigo”. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3650691/mengenal-fakta-medis-di-balik-istilah-anak-indigo