10 Alasan Bali Menjadi Tempat Wisata Favorit

www.akseleran.co.id

Bali adalah salah satu destinasi wisata di Indonesia yang sangat terkenal. Keistimewaan yang ditawarkan Bali bahkan mampu menggaet wisatawan mancanegara. Bahkan Bali juga sering masuk ke dalam list destinasi wisata dunia berbagai survei. Salah satunya survei yang dilakukan TripAdvisor pada tahun 2018, yang menampilkan Bali pada posisi keempat di atas Barcelona sebagai tujuan wisata dunia.

Lalu apa sih yang menjadi daya tarik Bali? Berikut alasan Bali menjadi tempat wisata favorit di Indonesia.

Pantai yang Indah

Bali terkenal dengan surga pantai indah dan menawan. Banyak pantai di Bali yang dibuka sebagai tempat wisata. Pantai yang paling terkenal dan sering dijadikan tujuan wisata adalah Pantai Kuta dan Pantai Sanur. Keduanya hampir tak pernah sepi pengunjung. Pasir putih dan hamparan birunya laut yang menyatu dengan langit menjadi pemandangan yang bisa memanjakan mata. Tak jarang pengunjung yang pernah datang ke sana ingin kembali mengunjungi pantai-pantai tersebut.

Wisata Pedesaan yang Hijau

Selain pantai yang menjadi daya tarik Bali, ada beberapa alternatif wisata yang tak kalah mencuri perhatian. Salah satunya adalah daerah pegunungan di Bali, seperti Ubud misalnya. Biasanya tempat seperti itu dikunjuni oleh pengunjung yang bosan dengan suasana kota yang bising. Sebab, pengunjung bisa menikmati suasana pedesaan yang sengaja dijaga kealamiannya.

Baca juga:  Kabar Super Bowl LVI Tebaru: Los Angeles Rams Berhasil Taklukkan Cincinnati Bengals

Hamparan sawah yang tertata dan udara segar bisa membuat setiap pengunjung merasakan ketenangan. Selain dapat melihat pemandangan yang asri, pengunjung juga bisa melihat kegiatan seniman dan bermacam toko kerajinan di sana.

Wisata Kuliner

Makanan Khas Bali - 17 Kuliner Paling Enak dan Unik Untuk Dicoba
anekatempatwisata.com

Selain tempat wisata, biasanya satu hal yang dicari oleh pengunjung ketika berwisata adalah kuliner. Sebagai tempat wisata favorit, Bali menawarkan berbagai kuliner khas yang menggiurkan. Misalnya sate lilit, nasi jinggo, nasi tepeng, sate plecing, dan lain-lain. Semua kuliner tersebut dapat ditemui di berbagai wilayah di Bali. Tinggal memilih tempat yang sesuai saja, mulai dari pedagang pinggir jalan hingga restoran.

Kuliner menjadi salah satu daya tarik wisata yang tidak boleh diremehkan. Sebab, tak jarang pula pengunjung yang pernah datang ingin mengunjungi lagi karena rindu dengan kulinernya.

Keramahan Penduduk Lokal

Warga Bali dikenal sangat terbuka dan ramah kepada setiap pengunjung yang datang. Mereka akan dengan senang hati menyabut pengunjung dengan senyuman. Keramahan tersebut membuat pengunjung merasa nyaman dan betah lama-lama di Bali.

Baca juga:  Tips Agar Konten TikTok Bisa Viral dan FYP

Tempat Belanja dengan Harga Murah

Selain berburu tempat wisata dan kuliner, biasanya pengunjung juga akan berburu oleh-oleh. Oleh karena itu Bali menyediakan banyak tempat belanja yang menjual barang-barang khas Bali. Pengunjung dapat menemukan dengan mudah tempat belanja yang besar dan lengkap. Selain itu, harga-barangnya yang dijual biasanya juga relatif murah.

Kafe yang Beragam

Di sepanjang jalanan Bali, akan mudah ditemukan beragam kafe. Biasanya setiap kafe memiliki konsep masing-masing yang unik. Ada kafe yang memiliki konsep khas Paris dengan desain dan menu khas Prancis. Hingga kafe dengan konsep alami dengan makanan organik khas persawahan. Jadi, pengunjung tidak perlu khawatir jika ingin mencari tempat nongkrong di Bali.

Sejarah dan Kebudayaan Lokal yang Kuat

Meskipun menjadi tempat wisata yang dikunjungi orang dari berabagai daerah, Bali tetap memegang kuat sejarah dan kebudayaan lokalnya. Hal ini justru menjadi salah satu daya tarik bagi Bali. Sejarah kebudayaan Bali dapat dinikmati pengunjung dalam wujud candi yang tersebar di berbagai wilayah di Bali. Ada sekitar 20.000 candi yang dapat didatangi pengunjung. Selain itu patung GWK yang belum lama diresmikan juga memiliki makna sejarah yang dalam.

Baca juga:  Mengidap Kanker Otak, Vokalis The Wanted Tom Parker Meninggal Dunia

Nuansa kesenian juga sangat terasa di Bali. Kebudayaan lokal tetap dilestarika oleh masyarakat Bali dan kerap menarik atensi pengunjung. Pertunjukan atau pun kegiatan seni mudah ditemukan di Bali.

Tempat Menginap

Sebagai tempat wisata yang terkenal, Bali juga menyediakan tempat menginap yang beragam. Pengunjung tidak perlu khawatir kehabisan tempat menginap. Ada banyak jenis penginapan yang bisa dipilih. Dari hotel kelas berbintang, vila yang unik, hingga penginapan-penginapan sederhana dengan harga yang lebih murah. Konsep dan pelayanan yang baik dijamin membuat pengunjung merasa betah.

Infrastruktur yang Memadai

Tempat wisata yang menarik dengan infrastuktur yang memadai juga menjadi pertimbangan beberapa pengunjung. Sebab mereka ingin menikmati liburan dengan mudah dan nyaman. Namun tak perlu khawatir, Bali memiliki infrastruktur yang memadai. Bandara Nhurah Rai, yang merupakan bandara tersibuk ketiga di Indonesia dapat mempermudah pengunjung yang ingin datang ke Bali. Selain itu, adanya akses jalan tol Bali Mandara juga mempermudah akses ke bandara tersebut.

Tempat Sunset yang Indah

Pemandangan matahari terbenam di Bali menjadi salah satu daya tarik. Keindahan sunset  di Bali membuat pengunjung sengaja datang dan mengabadikan momen tersebut. Banyak tempat di Bali yang dapat digunakan untuk berburu sunset yang eksotis.

Itu dia beberapa faktor yang menjadikan Bali sebagai tempat wisata favorit. Tertarik untuk berkunjung ke Bali?

 

Sumber:

“9 Alasan Wisatawan Betah Berwisata di Bali”. https://www.watersportbali.co.id/9-alasan-bali-jadi-tempat-tujuan-wisata-favorit-para-wisatawan/.

Sumber:

Risang, Paulus. 2019. “5 Alasan Bali Sangat Mendunia, Kerap Langganan Ranking Terbaik”. https://bali.idntimes.com/travel/journal/paulus-risang/alasan-bali-sangat-mendunia-c1c2-regional/5.