Aktor Drama Pachinko Jin Ha Terjerat Kasus Pelecahan Seksual, Ratusan Nenek Jadi Korban

Jin Ha, aktor serial Pachinko diduga pernah melakukan pelecehan seksual terhadap ratusan nenek. Ia dikabarkan mengunggah ratusan foto perempuan paruh baya secara diam-diam dan dilengkapi dengan keterangan yang melecehkan.

Diketahui kejadian ini terjadi 11 tahun lalu dan viral satu hari setelah serial Pachinko tayang pada Jumat, 25 Maret 2022.

Melansir dari Allkpop, Jin Ha mengunggah 100 foto nenek-nekek yang diambil di kereta bawah tanah dan bus, di blog pribadinya pada Juli 2010 hingga September 2011.

Foto-foto tersebut menjadi kontroversial karena menyebar melalui komunitas daring di Korea Selatan.

 Jin Ha memperkenalkan foto-foto ini sebagai seri foto “Flowers In Bloom, rangkaian foto yang dibuat untuk menunjukkan tren fesyen glamor Korea,” tanpa menutupi wajah para nenek. Dari foto-foto tersebut terlihat Jin Ha mengambil gambar tanpa persetujuan dari mereka.

Baca juga:  Inilah Kronologis Irfan Hakim Dilarikan ke RS Akibat Konsumsi Keripik Terpedas di Dunia

Dalam salah satu foto, seorang nenek tengah berbaring menyamping di kursi ruang tunggu. Jin Ha mengunggah foto tersebut dan melengkapinya dengan keterangan yang tidak pantas. “Bekerja dengan model yang begitu provokatif, saya merasa sulit untuk mengendalikan diri dan nafsu saya,” tulisnya.

Melansir dari The JoongAng, pada foto-foto lainnya Jin Ha juga menuliskan kalimat bernada penghinaan.

“Kesan pertama adalah pacar. Tangan yang kotor adalah tanda bahwa Anda pandai bekerja di dapur,” tulisnya.

Jin Ha tidak segan-segan mengomentari penampilan mereka, “Adik perempuan Kim Jong Il” dan “Terlihat seperti bebek.”

Banyak netizen yang mengecam perilaku buruk Jin Ha di masa lalu ini. Mereka juga turut menyeret serial Pachinko yang tengah naik daun. “Saya tidak akan menonton pachinko,” kata netizen.

Baca juga:  Peringatan Hari Baden Powell 22 Februari, Inilah Kisah Pendiri Pramuka Dunia

“Mengambil gambar ilegal juga menjadi masalah, tetapi sangat tidak menyenangkan untuk menuliskan apa yang dirasakan seperti mengkritik nenek,” kata netizen lain.

“Saya berharap para korban akan menuntut,” kata netizen lainnya.

 Kasus ini sangat menjadi sorotan lantaran serial Pachinko mengangkat kisah hidup perempuan Korea dari generasi ke generasi.

Hingga saat ini, pihak Jin Ha belum memberikan komentar terhadap kabar ini. Jin Ha berperan sebagai Solomon, cucu dari Sunja yang diperankan oleh aktris senior peraih Piala Oscar, Youn Yuh Jung.

Solomon lahir di Jepang dan dikirim ke Amerika untuk melindunginya dari diskriminasi. Saat kembali ke Jepang, Solomon dihadapkan dengan keputusan yang sulit.

Baca juga:  Ramai Tagar #MahasiswaBergerak, BEM Nusantara Pilih Fokus Perjuangkan Kepentingan Rakyat

 Pachinko menceritakan kehidupan dan impian empat generasi keluarga imigran Korea di Jepang. Serial yang diadaptasi dari novel karya Min Jin Lee dengan judul yang sama ini juga dibintangi oleh Lee Min Ho, Kim Min Ha, Anna Sawai, Jung Eun Chae, Jimmi Simpson, dan Soji Arai.

Pachinko menggelar premiere di Academy Museum of Motion Pictures, Los Angeles, Amerika Serikat pada Rabu, 16 Maret 2022. 

Jin Ha dan para pemain lainnya turut hadir dalam acara tersebut. Serial ini terdiri dari 8 episode. Tiga episode pertama sudah tayang pada Jumat, 25 Maret 2022 di Apple TV+. Berikutnya, satu episode akan tayang setiap hari Jumat.

 

 

 

 

Sumber:

https://seleb.tempo.co/read/1575090/jin-ha-pachinko-terjerat-kasus-pelecehan-seksual-ratusan-nenek-jadi-korban/full&view=ok