8 Tips Menyiapkan Diri Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Sumber: suara.bogor

Awal April tahun 2022 ini, umat Muslin kedatangan bulan penuh berkah, bulan suci Ramadhan. Agar bulan suci ini tidak belalu begitu saja, tentu kita sebagai umat muslim perlu mempersiapkan diri untuk menyambut bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah.

Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan diri menyambut bulan suci Ramadhan.

1. Persiapan Rohani

Ini adalah suatu niat yang baik untuk meningkatkan ibadah kita, tidak peduli dalam waktu apapun. Tetapi dalam rangka menyambut Ramadhan, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengumpulkan niat baik kita pada bulan suci nanti dan mulai melakukan hal bermanfaat untuk menjadi pribadi lebih baik lagi.

2. Bertaubat dan beribadah untuk Ramadhan yang baik

Untuk mempersiapkan diri menyambut bulan Ramadhan, suatu tindakan yang masuk akal adalah memperbanyak taubat kita. Patut diingat bahwa kita bisa dan harus meminta pertolongan hanya pada Allah semata, memperbanyak doa agar saat bulan Ramadhan dapat mengubah kita menjadi lebih baik lagi, dapat konsisten melakukan kebiasaan-kebiasaan baik, lebih mudah melakukan ibadah sunnah dan perbuatan baik, dan menjadi refleksi diri sendiri daripada membiarkan bulan suci ini berlalu begitu saja.

Baca juga:  Inilah Sinopsis Roppongi Class (2022) yang Di-remake Jepang dari Drakor Itaewon Class

3. Meningkatkan kualitas ibadah

Pada bulan Ramadhan yang padat, sering kali kita melakukan hal-hal sunnah (seperti sholat tarawih atau membaca Al-Qur’an) namun kita lupa bahwa kita harua meningkatkan niat kita dalam menjalankan kewajiban kita untuk ibadah. Untuk mempersiapkan diri menyambut bulan Ramadhan, mulai belajar tepat waktu saat Subuh dan meastikan kita tidak menunda ibadah, membaca Al-Quran.

4. Persiapan Jasmani

Meskipun puasa bulan Ramadhan adalah sesuatu yang dilakukan setiap tahunnya, bahkan tidak bisa dipungkiri jika seorang Muslim yang telah melakukannya selama bertahun-tahun seringkali mengalami kesulitan perubahan fisik saat memulai puasa (rasa kantuk di siang hari, merasa lapar dan haus, dan kesulitan untuk tetap bersemangat).

Baca juga:  Sinopsis Film Stranger Things Season 4: Mengulik Kisah Asal-Usul Kegelapan Upside Down di Hawkins

5. Perhatikan pola makan Anda dan berolahraga dengan sederhana

Intinya setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda dan sesuai dengan diri mereka sendiri. Beberapa orang memerlukan makanan lengkap agar dapat beraktivitas dengan normal, sementara sebagian lain lebih mementingkan minum lebih banyak air agar tidak dehidrasi selama puasa seharian.

Jadi menjelang bulan suci Ramadhan kali ini, ada baiknya memperhatikan kebutuhan yang sesui dengan tubuh Anda. Dan apa saja yang Anda perlukan untuk makan atau minum di luar jam puasa sehingga Anda dapat menjalani puasa dengan lancar.

6. Mengatur jam tidur

Sebisa mungkin Anda dapat memulai tidur lebih awal dari biasanya dan mulai membiasakan rutinitas Anda sehingga Anda dapat mengatur pola tidur Anda. Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah tidur dengan cukup setiap hari, membiasakan diri untuk memiliki pola tidur yang baik—dispilin dengan waktu tidur dan bangun dengan mencoba kualitas tidur yang lebih baik.

Baca juga:  Simak Sinopsis dan Cara Nonton Anime Attack on Titan Season 4 Part 2 Sub Indo

7. Persiapan mental

Kesiapan mental terletak dalam hati dari semua yang kita lakukan menjelang Ramadhan dan seringkali terdapat perbedaan diantara Ramadhan yang kita persiapkamn dengan Ramadhan yang berlalu. Persiapan mental banyak datang dengan merasa lebih tersadar secara spiritual.

8. Tetapkan niat dan renungkan arti Ramadhan

Semua ibadah memerlukan fokus dan niat, begitu pula dengan Ramadhan. Ini adalah momen tepat untuk memiliki tujuan yang ingin Anda capai selama Ramadhan.

Pikirkan secera spesifik yang ingin Anda capai serta apa yang Anda rencanakan untuk mencapainya. Hal yang juga penting adalah luangkan waktu merenungkan akan pentingnya bulan suci Ramadhan.
Sumber: hidayatullah