8 Pertanyaan Wawancara Beasiswa yang Sering Keluar Beserta Jawaban

OMTELOLET – Berbagai kebutuhan dalam seleksi beasiswa perlu dipersiapkan dengan baik terutama wawancara. Apa saja yang ditanyakan saat wawancara beasiswa? Yuk, simak daftar pertanyaan dan cara menjawabnya berikut ini.

Tahapan wawancara adalah bagian yang paling menentukan atau kunci keberhasilan dalam proses seleksi beasiswa. Oleh karena itu, kamu harus mempersiapkan tahapan wawancara tersebut dengan baik.

Berikut ini adalah daftar pertanyaan yang sering keluar saat wawancara beasiswa.

1. Ceritakan tentang dirimu sendiri!

Pertanyaan yang sering ditanyakan dalam sesi wawancara beasiswa adalah pertanyaan tentang dirimu sendiri. Tapi, hal yang dimaksudkan di pertanyaan ini bukanlah informasi personal dan formal seperti yang kamu tulis di CV atau resume.

Melalui pertanyaan ini, kamu diminta untuk menceritakan keunikan dan kelebihan dirimu yang membuat kamu berbeda dari pelamar lainnya.
Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu bisa menjawab dengan hal-hal yang sedang kamu lakukan.

Baca juga:  Inilah 5 Universitas Terbaik di Sumatera Versi Webometrics 2022

Misalnya, kamu juga bisa menceritakan tentang hobi kamu yang unik. Intinya, sebisa mungkin galilah hal yang menarik dari dirimu tapi ingat, harus tetap yang relevan dengan kebutuhan beasiswa.

2. Jelaskan tentang Kelebihan dan Kekuranganmu!

Selain menceritakan tentang diri, pertanyaan yang paling sering keluar saat sesi wawancara beasiswa adalah tentang kelebihan dan kekurangan dirimu. Pertanyaan ini diajukan untuk melihat seberapa jauh kamu mengenal dirimu sendiri.

Biasanya, pewawancara akan melihat apakah kamu bisa jujur tentang kelebihan dan kekurangan dirimu. Kamu akan butuh jawaban yang tricky untuk menjawab pertanyaan ini terutama di bagian menjelaskan tentang kekurangan.

Kamu bisa menjawabnya dengan menyatakan kelebihan diri secara jujur disertai contoh kasus yang membuktikan hal tersebut. Ingat, kamu harus jujur tentang kekurangan diri tapi pastikan hal ini disertai dengan bagaimana cara kamu mengatasinya.

3. Apa saja Kegiatanmu di Sekolah selain Belajar?

Pertanyaan jenis ini biasanya untuk memberikan gambaran kamu ke pewawancara seberapa aktifkah kamu dalam kegiatan di sekolah.

Baca juga:  Lulusan Computer Science Jadi Apa? Berikut Info Lengkapnya

Banyak program beasiswa yang lebih menyukai siswa atau mahasiswa yang aktif, baik dalam komunitas atau pun klub di bidang minat dan bakat.

Pertanyaan tersebut juga untuk memberikan gambaran ke pewawancara kalau kamu memilki kepribadian yang baik dalam bersosialisasi.

Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu bisa menjawabnya dengan menceritakan tentang klub atau komunitas yang kamu geluti. Kamu juga harus menceritakan tentang kegiatan dan kontribusi kamu di dalamnya.

4. Ceritakan tentang Prestasimu selama di Sekolah!

Untuk menjawab pertanyaan ini kamu bisa dengan menceritakan semua prestasi yang sudah kamu gapai.

Kamu bisa menyebutkan pencapaianmu seperti menjadi juara kelas satu atau pengalaman kamu pernah mewakili sekolah dalam ajang lomba tertentu. Selain menceritakan pencapaian di bidang akademis, kamu juga bisa menceritakan pencapaianmu di bidang non akademis.

5. Ceritakan tentang Kegagalan atau Kesalahan yang Pernah Dilakukan

Pastinya selama menempuh Pendidikan, kamu pernah mengalami yang namanya kegagalan. Para pewawancara juga ingin tahu pelajaran apa yang kamu dapatkan dari kegagalan tersebut.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut kamu bisa menceritakan kesalahan-kesalahan yang pernah kamu buat. Hal ini bisa seperti gagal menjadi juara satu atau kalah dalam pertandingan olimpiade. Jangan lupa juga untuk ceritakan bagaimana kamu memperbaiki kesalahanmu dan cara menghadapi kegagalan tersebut.

Baca juga:  Daftar Lengkap Jurusan dan Akreditasi di Unsyiah 2022, Cek Disini Sekarang!

6. Apa yang ingin Dilakukan setelah Lulus Sekolah?

Ini adalah pertanyaan standar tentang rencana hidupmu. Di sini kamu bisa menjelaskan rencanamu setelah lulus nanti.

Lalu, kamu juga bisa menceritakan apa yang kamu harapkan bisa kamu ketahui dan pelajari dari hal yang akan kamu lakukan nantinya. Kamu bisa menjelaskan apa yang ingin kamu capai setelah menjalani hal yang ingin kamu lakukan setelah lulus.

7. Apa Rencanamu dalam 10 tahun ke Depan?

Pewawancara ingin mengetahui apakah kamu sudah memikirkan rencana hidup dalam jangka Panjang. Mereka ingin melihat apakah kamu memiliki gambaran tentang rencana tersebut dan bagiamana cara kamu mengeksekusinya.

Untuk menjawab pertanyaan ini kamu bisa menjelaskan tentang apa saja yang ingin kamu lakukan dan apa yang sedang kamu lakukan saat ini yang mengarah pada rencana tersebut.

8. Kenapa Kamu Layak Diberi Beasiswa?

Di pertanyaan ini, kamu perlu meyakinkan pewawancara kalau kamu layak diterima dan hal apa yang kamu tawarkan jika terpilih.

Nyatakan kembali kalau kamu memiliki kriteria visi dan misi yang sama dengan pemberi beasiswa. Kamu juga bisa sampaikan hal lain yang akan membuatmu dinilai lebih. Seperti kesediaan untuk aktif dalam mengikuti segala kegiatan terkait.

Nah, itulah daftar pertanyaan wawancara beasiswa yang sering keluar. Semoga kamu bisa mempersiapkannya dengan baik.