7 Cara Mengajarkan Anak Puasa Sejak Dini

Foto oleh Yan Krukov dari Pexels

Puasa Ramadhan adalah jenis puasa yang wajib dilakukan umat Islam selama bulan Ramadhan. Mengingat wajibnya puasa Ramadhan, tentu sudah sepatutnya kita mengajari anak untuk belajar berpuasa sejak dini. Hal ini penting agar anak mengetahui salah satu kewajibannya sebagai seorang Muslim dan mampu berpuasa dengan baik.

Meski begitu, sebagian orang tua merasa bahwa mengajari anak berpuasa bukanlah hal mudah. Ya, memang tidak mudah tapi bukan berarti sulit kan? Semua tergantung pada niat kita masing-masing. Bagi Anda yang masih bingung, berikut 7 cara mengajarkan anak puasa sejak dini:

1.Berikan Pengetahuan Tentang Puasa pada Anak

Hal pertama dan mendasar adalah memberikan pengetahuan tentang puasa pada anak. Sebelum memintanya berpuasa, berikan pengetahuan tentang puasa terlebih dahulu pada anak. Tujuannya agar anak tahu apa yang sedang dia jalani dan mengapa ia menjalani hal tersebut.

Baca juga:  Saatnya Mengenal Gifted Child, Jenius dan Bakatnya Melebihi Anak Seusianya

2.Berpuasa Setengah Hari Terlebih Dahulu

Kondisi fisik anak berbeda dari orang dewasa. Selain itu, anak kecil juga memerlukan perhatian khusus dan berbeda dengan orang dewasa maupun remaja. Oleh sebab itu, jangan langsung memaksa anak berpuasa seharian penuh. Dalam hal ini, Anda dapat meminta anak berpuasa setengah hari terlebih dahulu.

3.Bantu Anak Belajar Berpuasa dengan Cara yang Tepat

Jika anak belum mampu berpuasa, jangan dipaksa. Semua butuh proses, termasuk anak-anak yang baru belajar berpuasa. Mungkin anak perlu waktu untuk menyesuaikan diri dalam berpuasa. Jika ketahuan membatalkan puasanya, jangan langsung dimarahi apalagi sampai memberikan hukuman.

Memarahi anak yang baru belajar berpuasa justru dapat membuatnya semakin tidak berminat puasa di kemudian hari. Jika anak ketahuan membatalkan puasanya, coba ajak dia bicara baik-baik. Kemudian, tanyakan tentang apa yang membuatnya tidak kuat sehingga harus membatalkan puasanya.

Baca juga:  Ini Dia, Daftar 10 Nama Pahlawan yang Perlu Anak Ketahui

4.Jelaskan Makna Puasa Pada Anak

Bagi anak-anak, puasa mungkin masih terasa asing dan sulit dilakukan. Sebagai orang tua, Anda harus memperkenalkan makna puasa sedini mungkin pada anak. Anda dapat memulai dengan menjelaskan kepada si kecil tentang kapan waktu puasa, bisa juga dengan menceritakan sejarah singkat Ramadhan, atau hal positif tentang puasa lainnya.

5.Berikan Penjelasan Tentang Manfaat Puasa

Tips ajarkan anak berpuasa selanjutnya adalah memberikan penjelasan tentang manfaat puasa. Ketika anak tahu apa manfaat puasa, dia akan antusias untuk ikut berpuasa. Tidak hanya untuk kesehatan fisik tubuh saja, puasa juga dapat membentuk karakter dan kepribadian bagi anak, terutama dalam hal kesabaran.

Baca juga:  Jangan Asal Mencari Obat Batuk Pilek untuk Bayi, Simak Rekomendasinya Berikut Ini

6.Lakukan Aktivitas yang Menyenangkan Bersama Anak Selama Puasa

Dengan mengajak anak melakukan aktivitas yang menyenangkan, dia akan lupa dengan rasa laparnya. Sebagai contoh, misalnya, Anda dapat mengajak anak bermain permainan yang ringan dan tidak melelahkan. Buat anak merasa nyaman, senang, dan lupa dengan rasa lapar dan hausnya.

7.Berikan Hadiah Ketika Lebaran

Sebagai motivasi, Anda dapat memberikan anak hadiah atau penghargaan sebagai apresiasi karena dia telah berhasil menjalankan ibadah puasa. Memberikan iming-iming hadiah menjadi salah satu strategi yang dapat Anda gunakan untuk mendorong anak agar mau belajar menjalankan ibadah puasa.

Nah, itulah 7 cara mengajarkan anak puasa sejak dini. Mengingat puasa Ramadhan adalah kewajiban bagi seorang Muslim, maka sudah seharusnya Anda mengajari anak berpuasa bahkan sejak dini sekalipun.

Sumber:
https://www.ruparupa.com/blog/cara-mengajarkan-anak-berpuasa-sejak-dini/
https://hellosehat.com/parenting/anak-6-sampai-9-tahun/perkembangan-anak/cara-mengajarkan-anak-puasa/
https://www.liputan6.com/ramadan/read/3963877/6-cara-mengajarkan-puasa-pada-anak-dengan-mudah-sejak-dini