7 Amalan Nisfu Syaban Lengkap dengan Keutamaannya

Sumber: jogjatribunnws

Malam Nisfu Syaban yang merupakan pertengahan bulan atau tanggal 15 bulan Syaban jatuh pada tanggal 18 Maret 2022. Malam Nisfu dianggap sebagai malam yang juga mulia selain malam Lailatul Qadar. Pasalnya, malam Nisfu Syaban ini memiliki keutamaan sebagai malam turunnya pengampunan dari Allah SWT.

Lantas, apa saja amalan yang dapat kita lakukan pada saat turunnya malam Nisfu Syaban ini? Berikut adalah beberapa amalan yang dapat dilakukan saat malam Nisfu Syaban beserta keutamaannya.

1. Membaca Doa Malam Nisfu Syaban

Pada malam Nisfu Syaban umat muslim dianjurkan membaca doa berikut.
“Allahumma innaka ‘afuwwun- kariimun- thibbul ‘afwa fa’fu’anni. Allahumma innii asalukal ‘afwa wal’aafiyata wal mu’aafaataddi imati fiddini waddunyaa wal aakhirah.”
Dilansir dari NU Online, terdapat anjuran doa yang didasarkan pada hadist riwayat Abu Bakar bahwa Nabi Muhammad pernah bersabda:
“(Rahmat) Allah SWT turun ke bumi pada malam Nisfu Syaban. Dia akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian (kemunafinak),” (HR. Al-Baihaqi)

Baca juga:  Review Film Baby Blues, Ajarkan Mengenal Sindrom Jadi Orangtua Baru

2. Melaksanakan Salat Sunnah Tasbih

Para ulama menyebutkan bahwa yang lebih utama pada malam Nisfu Syaban adalah melaksanakan salat tasbih. Hal tersebut diajarkan oleh Rasulullah kepada paman Beliau, Sayyidina Abbas r.a.

3. Berpuasa

Bulan Syaban adalah bulan diangkatnya amal-amal. Karenanya au menginginkan pada saat diangkatnya amalku aku dalam keadaan sedang berpuasa,” (HR Abu Dawud).

4. Membaca Surat Yasin 3 Kali

Amalan berikutnya yang bisa dilakukan pada malam Nisfu Syaban adalah membaca surah Yasin 3 kali. Membaca surat Yasin 3 kali setalah salat Maghrib dan berdoa setlahnya. Bacaan pertama diniatkan supaya Allah memberikan panjang umur. Bacaan keua diniatkan supaya dijauhkan dari segala bala dan diberi riki halal yang banyak. Bacaan ketiga diniatkan tidak tergantunng hidupnya kepada orang lain dan diberikan husnul khatimah.

Baca juga:  Rekomendasi 10 Film Genre Thriller Terbaik

5. Membaca Al-Quran dan Surat Al-Waqiah

Selain memabaca surah Yasin, kita juga bisa membaca surah Al-Waqiah.

6. Membaca Kalimat Tahlil

Bacaan tahlil yang dibaca pada malam Nisfu Syaban adalah sebagai berikut, “Laa ilaaha Illaa anta subhanaka innii kuntu minadzdzoolimiin,”

7. Memperbanyak Istighfar
Kita tahu bahwa tak ada manusia yang luput dari dosa. Namun, Allah SWT senantiasa membuka pintu ampunan kepada siapa pun. Meminta ampunan dengan beristighfar sangat dianjuran terlebih di malam Nisfu Syaban.
Itulah beberapa amalan yang bisa dilakukan pada malam Nisfu Syaban.
Sumber: detikcom