5 Kemampuan Unik Rinnegan Milik Sasuke

Boruto.id

Rinnegan merupakan salah satu jenis dojutsu atau teknik mata yang ada dalam serial Naruto dan Boruto. Dojutsu yang satu ini adalah teknik mata yang hanya dimiliki oleh ras alien atau yang sering disebut klan Otsutsuki. Akan tetapi ada beberapa klan Uchiha yang memiliki dojutsu Rinnegan. Salah satunya ialah Sasuke Uchiha.

Sasuke merupakan salah satu anggota terakhir klan Uchiha yang masih hidup di negera Konoha. Kakaknya yang bernama Itachi, telah membantai klan mereka sehingga memancing Sasuke untuk melancarkan misi balas dendam kepada kakaknya tersebut. Bersama rival sekaligus sahabatnya, Sasuke kemudian belajar mengembangkan kemampuannya. Lalu apa saja sih kemampuan yang dimiliki oleh Rinnegan Sasuke? Simak penjelasannya berikut!

1. Rikudō no Jutsu

Rikudō no Jutsu atau jurus Six Paths merupakan jurus yang dibagi menjadi tujuh macam teknik. Setipa teknik memiliki kekuatan seperti serangan seorang dewa. Ketujuh jurus ini yaitu Deva Path, Asura Path, Human Path, Animal Path, Preta Path, Naraka Path, hingga Outer Path. Biasanya pengguna dojutsu Rinnegan pasti memiliki teknik ini, meski hanya satu atau dua seperti halnya Sasuke Uchiha.

Baca juga:  Heboh Rambut Baru Jennie BLACKPINK, Netizen Sebut Tak Cocok

Sasuke baru pernah menggunakan dua macam jurus ini. Pertama, Sasuke menggunakan jurus Preta Path yang digunakan untuk menyerap chakra bijuu. Yaitu pada pertarungan terakhirnya dengan Naruto.

Kemudian Sasuke juga pernah menggunakan jurus Six Path lainnya, yaitu Deva Path. Jurus ini dapat digunakan oleh pengguna Rinnegan agar dapat memanipulasi kekuatan gaya tarik atau  dorong. Sasuke menggunakan jurus ini ketika ia hendak menyegel Momoshiki saat sedang bertarung melawan alien tersebut.

Sejauh ini, pemilik Rinnegan yang dapat menggunakan ketujuh teknik Six Path dengan baik hanyalah Nagato Uzumaki. Ia membagi teknik tersebut ke dalam enam mayat yang masing-masing memiliki kekuatan Six Path.

2. Space-Time Ninjutsu

naruto.fandom.com

Space-Time Ninjutsu merupakan salah satu kemampuan unik yang dimiliki Rinnegan milik Sasuke. Kemampuan ini dapat digunakan untuk membuka portal yang dapat membuatnya berpindah melalui dimensi.

Awalnya, kemampuan ini digunakan oleh Sasuke untuk merasakan distorsi aliran waktu dan melihat fenomena yang terjadi seperti biasa. Kemudian semakin dewasa, teknik Space-Time Ninjutsu yang dimiliki Rinnegannya semakin berkembang. Sehingga Sasuke dapat membuka portal waktu yang memungkinkannya untuk pindah tempat bahkan ke dimensi lain. Kemampuan itu pernah ia tunjukkan dalam era Boruto.

Teknik ini yang juga menjadi alasan Momoshiki mengendalikan tubuh Boruto supaya dapat menghancurkan Rinnegan milik Sasuke. Sebab, ia tidak ingin Sasuke, Kawaki, dan Naruto menggunakan teknik tersebut untuk kabur ke dimensi lain.

Baca juga:  Viral! Tren Hapus Email Demi Kurangi Pemanasan Global, Simak Alasannya

3. Amenotejikara

Kemampuan unik Rinnegan Sasuke yang lain adalah Amenotejikara. Kemampuan ini sangat berguna bagi Sasuke ketika ia dihadapkan situasi yang menyulitkannya untuk bertarung. Sebab, dengan kemampuan ini Sasuke dapat berpindah tempat dengan cepat. Akan tetapi ia harus menggantikan posisinya dengan objek lain yang ada di sekitarnya. Objek tersebut dapat berupa senjata, individu lain, bahkan sebuah teknih ninjutsu juga bisa. Teknik Amenotejikara ini sebenarnya merupakan bagian dari Space-Time Ninjutsu.

Dalam sebuah pertarungan, biasanya Rinnegan milik Sasuke sering menggunakan teknik ini. Sebab, dengan teknik ini Sasuke dapat menghindari serangan musuh yang tiba-tiba atau nyaris melakukan kontak dengan tubuh. Selain itu, dengan teknik ini ia juga dapat melakukan serangan secara tiba-tiba.

Sasuke sering mengeluarkan teknik ini ketika melawan Momoshiki. Misalnya ketika Sasuke menukar posisinya yang sedang terikat rantai dengan tubuh Momoshiki sehingga alien tersebutlah yang menjadi terjerat rantai.

Membaca Pola dalam Sebuah Kode

Naruto) Kemampuan Rinnegan Sasuke Uchiha yang Perlu Kalian Ketahui! - KINCIR.com
KINCIR.com

Seluruh pengguna Rinnegan memiliki kemampuan membaca pola dalam sebuah kode rahasia. Yaitu kemampuan yang dapat digunakan untuk menerjemahkan tulisan dalam bentuk kode ataupun huruf kuno. Misalnya prasasti yang ditinggalkan oleh Hagoromo Otsutsuki. Prasasti ini hanya dapat dibaca oleh pengguna Rinnegan saja, salah satunya yaitu Sasuke.

Baca juga:  Atlet Dikeluarkan dari Kompetisi Internasional, Rusia Resmi Ajukan Gugatan untuk FIFA dan UEFA ke CAS

Kemampuan ini pernah digunakan Sasuke ketika  Naruto menderita penyakit chakra yang sangat langka. Cara untuk menyembuhkan penyakit tersebut ada dalam sebuah kode kuno yang ditulis oleh Hagoromo. Sebab Hagoromo Otsutsuki juga sempat menderita penyakit chakra itu dan akhirnya bisa sembuh.

Dalam kode kuno tersebut dijelaskan letak obat dari penyakit yang diderita Naruto. Kemudian Sasuke dengan Rinnegannya mencari keberadaan obat tersebut sehingga Naruto dapat sembuh kembali.

Genjutsu

Genjutsu adalah teknik yang dapat digunakan untuk menjebak lawan dalam sebuah ilusi. Uchiha merupaka klan terkuat yang dapat menggunakan teknik ini karena mereka memiliki mata sharingan. Jutsu ini dapat membuat sosok dalam ilusi tidak sadar selama berjam-jam.

Sasuke adalah pengguna Genjutsu terbaik dalam serial Naruto. Sedang Naruto sendiri, sebagai shinobi terkuat yang pernah ada, tidak dapat menggunakan teknik ini.

Itu dia lima kemampuan unik yang dimiliki Rinnegan punya Sasuke. Kamu ingin memiliki salah satu kemampuan tersebut?

 

Sumber:

Herlambang, Helmy. 2021. “(Naruto) Kemampuan Rinnegan Sasuke Uchiha yang Perlu Kalian Ketahui!”. https://www.kincir.com/movie/anime/naruto-kemampuan-rinnegan-sasuke-0NDX5AOWxJVC.

Nenggala, Arya. 20. “5 Kemampuan Sasuke yang Tidak Dapat Dilakukan oleh Naruto”. https://www.idntimes.com/hype/entertainment/arya-nenggala/5-kemampuan-sasuke-yang-tidak-dapat-dilakukan-oleh-naruto-c1c2/full/5.

“Sasuke Uchiha”. https://naruto.fandom.com/id/wiki/Sasuke_Uchiha.