5 Kelebihan Jurusan Hukum yang Paling Diminati, Cek Sekarang!

OMTELOLET – Jurusan Hukum merupakan salah satu prodi yang favorit. Pasalnya, peminat di jurusan ini sangat besar setiap tahunnya di berbagai jalur masuk perguruan tinggi. Yuk, simak kelebihan Jurusan Hukum berikut ini.

Berbagai kelebihan dari Jurusan Hukum menjadi faktor penyebab prodi tersebut paling diminati. Jika ingin memilih prodi tersebut, kamu wajib mengetahui kelebihannya.

1. Membentuk karakter pemberani

Karakter pemberani dapat kamu kembangkan melalui jurusan apapun yang kamu pilih, tak hanya di jurusan hukum saja. Namun, jika menjalani kuliah di Jurusan Hukum maka kamu akan memiliki kemampuan lebih.

Kemampuan lebih itu yakni mempertajam karakter pemberani yang telah ada dalam diri kamu. Sebab, kamu akan ditempa guna menyelesaikan kasus yang diberikan. Saat suatu kasus ditetapkan menjadi tanggung jawabmu, maka kamu memiliki keharusan untuk menyelesaikannya hingga akhir.

Baca juga:  Mengupas Tuntas Rangkaian Tes OSIS SMA, Ini Tahapannya!

Alasan masuk fakultas hukum ini akan memupuk keberanian yang ada di dalam diri kamu untuk menuntaskan kasus hingga mencapai ke akarnya. Hal ini yang akan membentuk kamu menjadi pengacara yang handal di masa depan.

Selain itu, ada kemampuan untuk berkomunikasi dan membuat strategi yang cerdik untuk menjadi pengacara yang ulung.

2. Peluang karir yang terbuka lebar

Dapat diketahui bahwa hampir semua tempat membutuhkan yang namanya ahli hukum. Ini tentunya akan membuka peluang bagi kamu untuk menjadi konsultan hukum atau notaris.

Selain itu Indonesia merupakan negara hukum. Nah, dengan begitu di bangsa dan negara Indonesia tercinta ini banyak sekali pekerjaan yang luas untuk para mahasiswa lulusan sarjana Hukum.

Baca juga:  Inilah Daftar Lengkap Jurusan di Unri 2022, Ternyata Ada Kedokteran hingga Program Spesialis

Beberapa kantor atau industri yang besar membutuhkan jasa dari ahli hukum guna mengurus beberapa kepentingan mereka.

3. Jurusan hukum di Indonesia memiliki akreditasi yang bagus

Jurusan hukum di Indonesia rata-rata memiliki akreditasi yang bagus. Nah, dengan begitu dapat menjadi modal sosial bagi kamu yang ingin melanjutkan jenjang studi selanjutnya dan memilih untuk menjadi dosen di perguruan tinggi.

Bagi beberapa universitas, akreditasi menjadi sebuah pertimbangan tersendiri. Maka dari itu, bagi kamu yang mengambil jurusan hukum di universitas yang memiliki akreditas bagus, hal itu akan menambah poin plus untuk lolos seleksi program magister atau doktoral.

4. Menguasai bahasa

Ternyata menjadi seorang diplomat tak hanya terbuka bagi mahasiswa yang menempuh jurusan di hubungan internasional saja, melainkan terbuka juga bagi mahasiswa dari fakultas hukum.

Baca juga:  Bagaimana Cara Beriman Kepada Kitab-kitab Allah?

Bagi kamu yang memiliki kemampuan lebih yakni lebih mudah dalam menguasai banyak bahasa dan bisa melakukan komunikasi dengan baik, maka kamu bisa mencoba peluang karier menjadi seorang diplomat.

5. Menjadi individu yang kritis untuk menjadi hakim atau jaksa

Di jurusan hukum, kamu nantinya akan diajak melihat suatu hal yang terjadi menggunakan berbagai sudut pandang atau perspektif yang ada.

Kamu akan dituntut tak hanya percaya pada satu sudut pandang semata, melainkan juga mampu untuk menganalisis berbagai kemungkinan yang muncul dari suatu hal yang terjadi.

Nah, sebagai pribadi yang kritis, kamu bisa mencoba karier sebagai seorang jaksa dan hakim. Umumnya, kamu akan diminta mencari titik temu yang adil bagi korban dalam kasus itu. Kemampuan kritis yang dimiliki akan membantumu bisa menganalisis sesuatu yang mungkin luput dari pandangan yang dilewatkan oleh banyak orang.

Nah, itulah kelebihan dari Jurusan Hukum yang perlu diketahui sebelum memilih kuliah di jurusan ini. Semoga bermanfaat ya.