5 Film Indonesia Terbaik Bertema Pendidikan, Obat Kalau Bosan Belajar

Menonton film dapat dijadikan sebagai hiburan juga sebagai media pembelajaran. Industri hiburan Indonesia telah melahirkan banyak film dari berbagai genre. Misalnya komedi, romansa, horor, hingga film yang bertema pendidikan.

Film bertema pendidikan adalah pilihan bermutu dan cocok ditonton anak-anak maupun orang dewasa. Karena biasanya dari film-film bertema pendidikan, dapat diambil sisi positif yang dapat menginspirasi.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut rekomendasi film terbaik Indonesia bertema pendidik.

Laskar Pelangi (2008)

laskar pelangi
Twitter.com/@iaridlo

Film Laskar Pelangi diangkat dari series pertama tetralogi milik Andrea Hirata. Sejak penayangan pertama pada tahun 2008, film ini sudah menarik banyak perhatian nih. Kenapa ya?

Kisah dalam film ini merupakan pengalaman pribadi penulisnya, yaitu Andrea Hirata. Namun ia mengemasnya menjadi sebuah karya fiksi yang inspiratif. Film ini mengisahkan perjuang dua orang guru dan sepuluh murid dalam menempuh pendidikan di pelosok Belitong/Belitung. Sekolah yang mereka gunakan untuk belajar sangatlah jauh dari kata layak. Bangunan yang reot dan sedikitnya murid yang bersekolah di sana membuat sekolah itu terancam ditutup.

Akan tetapi berkat kegigihan Bu Muslimah (Cut Mini), murid-muridnya dapat menuntaskan pendidikan di jenjang SD tersebut. Bu Muslimah ini juga dikenal sebagai sosok guru yang dapat memotivasi dan tulus. Sehingga murid-muridnya menjadi orang yang optimis dan matang yang kemudian menjadikan mereka mendapat julukan sang laskar pelangi.

Baca juga:  Rekomendasi 5 Drama Korea Bertema Romantis dengan Ending Terbaik

Laskar pelangi tersebut bernama Ikal, Lintang, Mahar, Harun, Sahara, A Kiong, Flo, Borek, Kucai, Syahdan, Trapani, dan A Ling.

Negeri 5 Menara (2012)

rekomendasi film bertema pendidikan negeri 5 menara

tribunnewswiki.com

Seperti halnya Laskar Pelangi, Negeri 5 Menara juga diangkat dari karya fiksi dengan judul yang sama. Novel yang ditulis oleh Ahmad Fuadi ini terbit di Gramedia pada tahun 2009 dan kemudian diangkat menjadi film pada tahun 2012.

Film ini berkisah tentang 6 anak laki-laki yang menjadi santri di Pondok Madani, Ponorogo Jawa Timur. Keenam anak ini berasal dari daerah yang berbeda dan tentunya dengan latar belakang kehidupan yang berbeda-beda. Akan tetapi mereka dapat menyatukan perbedaan mereka dan menjadi sahabat yang saling menginspirasi.

Mereka memiliki kebiasaan untuk berkumpul di bawah menara Madani. Dari situ mereka kemudian bertekad untuk mewujudkan mimpi menaklukkan dunia. Dari Indonesia, Amerika, Eropa, Asia, hingga Afrika.

Baca juga: 5 Drama Korea Tentang Bisnis, Dijamin Bikin Semangat Merintis Usaha

Sekolah Rimba/Sokola Rimba (2013)

sokola rimba rekomendasi film bertema pendidikan

tirto.id

Film ini terinspirasi dari pengalaman pribadi penulis buku Sokola Rimba, Butet Manurung. Film yang rilis pada tahun 2013 ini merupakan hasil karya dari sutradara kenamaan Riri Riza dan produser Mira Lesmana.

Baca juga:  Diadaptasi dari Drama Korea The World of The Married, Intip 6 Fakta Serial Mendua yang Bakal Tayang di Indonesia

Berkisah tentang seorang bernama Butet (Prisia Nasution) yang sudah bekerja selama tiga tahun di lembaga konversi yang ada di Jambi. Akan tetapi, si Butet berani mengambil keputusan keluar dari zona nyaman untuk menjalankan sebuah misi pengabdian kepada masyarakat. Ia memiliki keinginan untuk mengajarkan baca tulis dan berhitung kepada anak-anak yang berada di suku dalam yang tinggal di hulu Sungai Makekal di Hutan Bukit Duabelas.

Butet mendirikan sekolah di hutan yang kemudian dinamakan sekolah rimba/sokola rimba. Dalam misinya ini, Butet mendapat banyak rintangan bahkan dituduh menjadi penyebab malapetaka yang terjadi. Akan tetapi, Butet tetap gigih dan berusaha semaksimal mungkin dalam mengajarkan baca tuli dan berhitung.

Sang Pemimpi (2009)

rekomendasi film bertema pendidikan sang pemimpi

wikipedia.org

Sang Pemimpi merupakan film lanjutan dari Laskar Pelangi. Film yang rilis pada tahun 2009 ini disutradarai oleh Riri Riza dan produsernya adalah Mira Lesmana.

Berkisah tentang perjalanan Ikal, salah satu murid laskar pelangi dalam mewujudkan cita-citanya. Ikal remaja dan sepupunya yang bernama Arai melanjutkan pendidikannya di tanah rantau. Hingga kemudian bertemu Jimbron yang menjadi sahabatnya.

Memiliki tekad yang kuat, Ikal bersungguh-sungguh belajar hingga dapat ke tanah Eropa. Ikan melanjutkan pendidikannya di tanah tersebut. Kisah Ikal ini dapat menjadi inspirasi bagi murid-murid dalam bersungguh-sungguh mengejar cita-cita.

Alangkah Lucunya Negeri Ini (2010)

film pendidikan
Twitter.com/@AjakGerak

Film yang disutradarai oleh  Deddy Mizwar ini adalah komedi satire yang mengangkat realita kehidupan bangsa masyarakat Indonesia. Film yang rilis pada tahun 2010 ini menampilkan realit  betapa susah mencari sebuah pekerjaan.

Baca juga:  iPhone 14 Ramai Diperbincangkan, Simak Spesifikasi Lengkap dan Harganya

Seorang sarjana bernama Muluk yang diperankan oleh Reza Rahardian, tidak kunjung mendapatkan pekerjaan meski sudah lulus hampir dua tahun. Hingga kemudian, di tengah perjalanannya mencari pekerjaan, ia dicopet oleh seorang anak laki-laki bernama Komet.

Petemuannya dengan preman cilik tersebut akhirnya berujung sebuah kesepakatan kerja sama. Komet membawa Muluk ke markas para pencopet dan bertemu ketua geng mereka. Ia menawarkan jasa untuk mengelola keuangan komplotan preman pencopet tersebut dan meminta imbalan.

Keputusannya yang bisa dibilang nekat itu ia ambil akibat keputusasaannya karena tidak kunjung mendapat pekerjaan. Akan tetapi, kemudian hati Muluk terketuk untuk mengajarkan baca tulis dan berhitung kepada preman-preman tersebut. Meskipun awalnya sempat ditentang, akhirnya Muluk dapat menjalankan misinya. Bahkan ia juga mengajarkan agama kepada preman-preman tersebut.

Itulah rekomendasi film pendidikan Indonesia yang sangat menginspirasi. Kini, kamu bisa langsung menonton ke 5 film tersebut. Banyak pesan moral yang bisa kamu terapkan pada kehidupan sehari-hari.

 

Sumber:

  1. “Film Laskar Pelangi (2008)”. https://www.tribunnewswiki.com/2019/07/20/laskar-pelangi-2008
  2. “FILM-Negeri 5 Menara (2012)”. https://www.tribunnewswiki.com/2020/05/04/film-negeri-5-menara-2012

Dewi, Dinda Silviana. 2020. “Sinopsis Film Pendidikan Sokola Rimba yang Tayang di TVRI Malam Ini”. https://tirto.id/sinopsis-film-pendidikan-sokola-rimba-yang-tayang-di-tvri-malam-ini-fbeZ

Wikipedia. “Sang Pemimpi (film)”. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Sang_Pemimpi_(film)

Yuliansyah. 2021. “Sinopsis Alangkah Lucunya Negeri Ini, Lucu, Mengajarkan Pencopet Ilmu Agama”. https://zonabanten.pikiran-rakyat.com/entertainment/pr-232421831/sinopsis-alangkah-lucunya-negeri-ini-lucu-mengajarkan-pencopet-ilmu-agama?page=2