4 Tips Mengatasi Anak Kecanduan Gadget

Di era modern seperti ini, hampir semua orang sudah menggunakan gadget, tak terkecuali anak-anak. Sayangnya, penggunaan gadget yang berlebihan dan tanpa dibatasi orang tua dapat membuat anak menjadi kecanduan terhadap perangkat tersebut. Kecanduan gadget bukanlah hal yang baik, bahkan dapat berdampak buruk bagi anak.

Studi menunjukkan bahwa anak-anak 60% lebih rentan menyerap radiasi karena otak mereka memiliki kulit dan jaringan yang lebih tipis. Hal ini dapat mengganggu aktivitas otak anak dan menyebabkan masalah perilaku yang akan membuat anak kesulitan dalam proses belajar mereka.

Tips Mengatasi Anak Kecanduan Gadget

Kecanduan gadget dapat membahayakan anak Anda dalam jangka panjang. Jika anak terus-menerus terpaku pada gadgetnya dan tidak suka melakukan hal lain, maka sudah seharusnya Anda mencari cara untuk mengatasinya. Nah, berikut ini adalah beberapa tips mengatasi anak kecanduan gadget.

Baca juga:  Mudah Saja Sebenarnya, Begini Cara Mengatasi Anak Susah Makan

1.Nasehati Anak Tentang Dampak Buruk Penggunaan Gadget Secara Berlebihan

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah menasehati anak. Bicaralah baik-baik dengan anak dan berikan penjelasan mengapa mereka tidak boleh menghabiskan begitu banyak waktu dengan gadget. Jelaskan kepada anak bahwa ada cara lain selain gadget untuk bersenang-senang dan bermain game.

2.Batasi Penggunaan Gadget Anak

Dengan membatasi penggunaan gadget, anak akan lebih bertanggung jawab atas tindakannya sendiri. Mereka tahu berapa lama mereka bisa bermain dan mereka tahu bahwa mereka harus berhenti sesudahnya. Ketika Anda memberitahu anak bahwa waktunya sudah habis, mereka harus mengembalikan gadget dan hanya mendapatkannya lagi pada hari berikutnya.

Jangan hanya menyita gadget atau melarang mereka menggunakannya sepenuhnya. Cobalah berkomunikasi dengan anak dan buat kesepakatan. Sebagai contoh, misalnya, anak dapat menggunakan gadget sekali sehari setelah waktu tidur siang atau anak hanya boleh bermain gadget tidak lebih dari satu jam.

Baca juga:  Yuk, Mari Kenali Manfaat Pop It Bagi Perkembangan Anak

3.Arahkan Anak Pada Kegiatan yang Lebih Positif

Mencegah penggunaan gadget yang berlebihan pada anak memerlukan sarana lain. Dalam hal ini, Anda dapat mengarahkan anak pada kegiatan yang lebih positif, relevan, dan bermanfaat untuk dirinya. Misalnya, seperti berolahraga, membuat kerajinan tangan, membaca buku, dan segala hal yang tidak melibatkan ponsel, tablet, laptop, atau perangkat sejenis apapun yang mereka miliki.

4.Berikan Contoh yang Baik

Anak-anak belajar dari mengamati lingkungan mereka dan dengan meniru perilaku orang tua mereka. Jika mereka melihat Anda berkebun, kemungkinan besar mereka akan bergabung dengan Anda. Jika mereka melihat Anda menonton video Youtube, mereka pasti ingin menontonnya juga.

Inilah alasan mengapa Anda harus memberikan contoh yang baik kepada anak. Saat melakukan aktivitas dengan anak Anda, matikan gadget atau jauhkan dari Anda. Selain menampilkan citra yang baik, ini juga akan membantu Anda menghabiskan lebih banyak waktu berkualitas dengan anak Anda dan membuat kalian lebih dekat.

Baca juga:  Jaminan Nutrisi, Rekomendasi Susu Bayi Baru Lahir 0-6 Bulan

Nah, itulah beberapa tips mengatasi anak kecanduan gadget. Pada akhirnya, apa yang Anda lakukan ini juga demi kebaikan anak Anda agar tidak terpengaruh dampak buruk penggunaan gadget secara berlebihan.

Sumber:
https://www.rsupermatahati.com/id/Tips-Mengatasi-Anak-Kecanduan-Handphone
https://hellosehat.com/parenting/anak-6-sampai-9-tahun/perkembangan-anak/mengatasi-anak-kecanduan-gadget/