4 Tips Bangun Pagi Biar Gak Kesiangan Terus

Foto oleh Acharaporn Kamornboonyarush dari Pexels

Kamu sering bangun kesiangan? Disadari atau tidak disadari, masih banyak orang yang merasa sulit bangun pagi. Bangun kesiangan dapat menghambat aktivitas yang akan dilakukan seperti sekolah, bekerja, atau tanggung jawab lainnya. Oleh sebab itu, ada baiknya kita mulai mengembangkan kebiasaan bangun pagi.

Bangun pagi menjadi kebiasaan baik yang perlu diterapkan dalam rutinitas sehari-hari. Menurut penelitian, tidur yang cukup dan bangun pagi memungkinkan tubuh dan pikiran mendapatkan relaksasi dan istirahat yang cukup. Hal ini juga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Beberapa Tips Bangun Pagi yang Bisa Diterapkan dalam Keseharian

Kamu sulit bangun pagi dan sering kesiangan? Nah, berikut ini beberapa tips bangun pagi tidak ngantuk yang bisa kamu terapkan dalam keseharian:

Baca juga:  Cara Mudah Membuat Kaligrafi Dinding Kelas, Hasilnya Wow Banget!

1.Jangan Begadang

Kalau tidak mau bangun kesiangan, ya jangan begadang. Usahakan tidur yang cukup di malam hari agar bisa bangun pagi keesokan harinya. Bukan hanya sekedar agar bisa bangun pagi, tidur yang cukup juga baik untuk kesehatan fisik dan mental. Sebaliknya, kurang tidur dapat memberikan dampak buruk pada tubuh.

2.Pasang Alarm

Sudah tidur lebih awal, tapi masih bangun siang? Jika mengalami masalah tersebut, cobalah memasang alarm sebelum tidur. Alarm dapat membangunkan kamu tepat di waktu yang kamu inginkan. Tapi ingat, saat alarm berbunyi, kamu harus segera bangun. Jangan sampai mematikan alarm dan tidur kembali. Menggunakan jam alarm dapat membantu menjaga jadwal tidur kamu tetap konsisten dan menormalkan pola tidur kamu.

Baca juga:  Terbukti Efektif, Begini Cara Menghilangkan Bruntusan Secara Alami

3.Pertahankan Waktu Bangun yang Konsisten

Pakar tidur merekomendasikan untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, bahkan di akhir pekan sekalipun. Para peneliti mengidentifikasi proses biologis yang memberi sinyal kepada tubuh kapan waktunya untuk mengantuk dan kapan waktunya untuk bangun.

Siklus tidur-bangun mempengaruhi sejumlah fungsi penting, mulai dari memulihkan energi hingga menyembuhkan tubuh. Cara terbaik untuk mendukung ritme alami ini adalah dengan menjaga waktu tidur dan waktu bangun yang teratur.

4.Dapatkan Cahaya Alami dari Luar

Dokter obat tidur bersertifikat di Weill Cornell Medical Center, Dianne M. Augelli, MD, mengatakan bahwa tubuh kita menggunakan cahaya untuk memberi tahu waktu. Jadi, membiarkan diri kita terkena cahaya pada waktu yang sama setiap pagi dapat membantu kita menyesuaikan ritme sirkadian (alias siklus tidur alami kita) ke waktu bangun yang lebih awal.

Baca juga:  Christian Bale Lakukan Perubahan Fisik Ekstrem, Intip Penampilan Totalitas di Deretan Filmnya

Idealnya, kita harus terkena cahaya selama kurang lebih 30 menit dalam satu jam pertama bangun tidur. Sinar matahari dianggap sebagai cahaya terbaik, yang bisa kita dapatkan dengan membuka sebagian atau seluruh tirai jendela kamar. Selain itu, paparan cahaya alami juga dapat mendukung siklus tidur-bangun yang sehat.

Itulah 4 tips bangun pagi yang bisa kamu terapkan dalam keseharian. Selain yang disebutkan diatas, masih banyak cara yang bisa kamu lakukan agar bisa bangun di pagi hari.