4 Rekomendasi Jurusan Kuliah untuk Kamu yang Ingin Berkarir di Bidang IT

Foto oleh cottonbro dari Pexels

Ingin menjadi programmer? atau ingin ahli di bidang Information technology (IT)? Kamu bisa mendalaminya di Perguruan Tinggi. Bukan hanya soal coding, ada banyak hal berbau teknologi yang bisa kamu pelajari di sana. Keseriusan belajar selama kuliah memungkinkan kamu menjadi orang yang handal di dunia IT.

Bagi kamu yang tertarik dengan dunia IT atau berharap kelak bisa bekerja di bidang IT, berikut ini adalah beberapa rekomendasi jurusan kuliah yang bisa kamu pertimbangkan:

1.Jurusan Teknik Informatika

Teknik Informatika merupakan program studi yang mempelajari tentang teknologi komputer secara lebih mendalam. Ini mencakup merancang, menguji, mengembangkan, dan mengevaluasi sistem operasi, perangkat lunak (Software), dan kinerja komputer. Tentunya jurusan yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang tertarik dengan dunia IT.

Baca juga:  Homeschooling Online Alta School SMP: Review Fitur, Keunggulan, Biaya & Cara Daftar

Kamu akan mempelajari tentang bagaimana cara menangani masalah transformasi atau mengolah data menggunakan proses logika. Selama kuliah, kamu akan belajar banyak hal seputar pemrograman dan komputasi, serta keterampilan merancang perangkat lunak. Ilmu yang kamu dapat dibangku kuliah nantinya dapat kamu terapkan di dunia kerja.

2.Jurusan Ilmu Komputer

Sederhana, Ilmu Komputer adalah studi yang mempelajari tentang komputasi, perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Sesuai dengan namanya, jurusan ini mendalami banyak hal seputar komputer. Kamu akan belajar lebih dalam tentang luar dan dalam komputer.

Kamu akan belajar tentang bagaimana cara menyusun algoritma dan programming untuk mengembangkan sebuah aplikasi maupun sistem perangkat lunak. Selain itu, kamu juga akan mempelajari tentang cara menerjemahkan algoritma menjadi kode-kode di bahasa pemrograman.

Baca juga:  Bagaimana Proses Pembuatan Baju? Ini 6 Langkahnya

3.Jurusan Sistem Informasi

Jurusan Sistem Informasi adalah program studi yang menggabungkan beberapa bidang seperti Ilmu Komputer, Manajemen, dan Bisnis. Dengan mengambil jurusan Sistem Informasi, kamu akan belajar bagaimana menerapkan solusi teknologi informasi untuk masalah bisnis.

Kamu akan belajar mengidentifikasi kebutuhan dan proses bisnis perusahaan berdasarkan data-data yang dimiliki perusahan. Kemudian, kamu harus merancang sistem yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Jadi, selain belajar teknik pemrograman, kamu juga mempelajari proses bisnis yang ada di perusahaan.

4.Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak

Mengembangkan sistem perangkat lunak modern membutuhkan lebih dari keterampilan pemrograman dan konsep inti ilmu komputer. Ini membutuhkan keterampilan rekayasa perangkat lunak, yang sangat dibutuhkan di industri perangkat lunak. Dalam hal ini, kamu bisa mengambil jurusan Rekayasa Perangkat Lunak.

Baca juga:  Tujuan Mengikuti Pelatihan Apa? Nggak Cuma Upgrade Skill Saja Kok

Jurusan rekayasa perangkat lunak adalah program studi dalam bidang Teknologi Komputer dan Informatika, yang mempelajari tentang pemrograman komputer. Konsentrasi rekayasa perangkat lunak berfokus pada konsep, teknik, dan alat yang diperlukan untuk analisis, desain, pengujian, pemeliharaan, dan kerja tim perangkat lunak.

Nah, itulah beberapa rekomendasi jurusan kuliah yang cocok untuk kamu yang tertarik dengan dunia IT. Selain yang disebutkan diatas, tentunya masih banyak jurusan kuliah di bidang IT lainnya. Kamu bisa memilih jurusan yang sesuai dengan keinginan kamu.