4 Rekomendasi Jurusan Kuliah Desain, Cocok Buat Si Pecinta Seni

Foto oleh Armin Rimoldi dari Pexels

Seiring berjalannya waktu, jurusan kuliah desain semakin dilirik generasi muda. Hal ini karena lulusan jurusan kuliah desain memiliki peluang kerja yang sangat tinggi dan dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Oleh sebab itu, desain menjadi salah satu program studi yang bisa kamu pertimbangkan.

Perlu diketahui, ada berbagai jenis jurusan kuliah desain. Kamu bisa memilih program studi desain yang sesuai dengan minat dan bakat kamu, atau bisa juga kamu sesuaikan dengan yang paling memiliki prospek kerja yang bagus. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas beberapa jurusan kuliah desain yang populer:

1.Desain Komunikasi Visual (DKV)

Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) adalah program studi yang mempelajari seputar konsep komunikasi dan ungkapan kreatif. Dikenal sebagai salah satu cabang ilmu seni, DKV menggunakan elemen visual dan teknologi untuk menyampaikan pesan dengan tujuan tertentu.

Baca juga:  Baca Disini, Jadwal Pencairan KIP Kuliah 2022

Dalam jurusan ini, kamu akan mendalami beberapa hal seperti Komunikasi Grafis, Komunikasi Visual Periklanan, dan Komunikasi Multimedia. Ada berbagai software, yang nantinya harus kamu pelajari dan kuasai. Ini termasuk Adobe Premiere, CorelDraw, Adobe Illustrator, Adobe InDesign, SketchUp, Adobe Photoshop, dan masih banyak lainnya.

2.Desain Grafis

Jurusan Desain Grafis adalah program studi yang mempelajari tentang komposisi, bentuk, dan konsep sebuah karya komunikasi visual. Biasanya, karya tersebut dapat berbentuk gambar, garis, dan elemen grafis lainnya. Hasil dari karya itu akan diimplementasikan pada berbagai media.

Jurusan yang satu ini sangat cocok bagi pecinta seni, yang ingin menyalurkan kreativitas. Kamu bisa menciptakan berbagai karya dengan nilai jual tinggi seperti logo, brosur, undangan, dan lain sebagainya. Kamu bisa bekerja secara mandiri dengan menawarkan karya kamu di pasaran, atau bisa juga bekerja di perusahaan.

Baca juga:  Simak! Perbedaan Biaya Kuliah SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri Tahun 2022.

3.Desain Interior

Ingin mendesain rumah, tempat umum, atau bangunan lainnya? Jika iya, mungkin jurusan desain interior bisa menjadi rekomendasi yang tepat untuk kamu. Dalam jurusan desain interior, kamu akan mempelajari bagaimana cara merencanakan dan merancang penataan suatu ruang bangunan.

Bukan hanya sekedar mendesain, kamu juga harus memperhatikan fungsi dan estetika apa yang kamu desain. Selain itu, kamu juga perlu mempertimbangkan tentang aspek psikologis dan kenyamanan pengguna ruangan. Meskipun sama-sama merancang dan mempercantik bangunan, tetapi jurusan desain interior berbeda dengan jurusan arsitektur ya!

Desainer interior fokus mewujudkan estetika dalam merancang interior ruangan atau bangunan dengan mementingkan kenyamanan, efisiensi, efektivitas, dan keamanan setiap elemen ruangan. Ini termasuk pemilihan furniture, pemilihan warna, pencahayaan, tata letak, hingga motif pola lantai.

Baca juga:  Jurusan Pertanian Bisa Jadi Apa? Berikut Ini 7 Prospek Kerja yang Capai Gaji Ratusan Juta

4.Desain Produk

Jurusan Desain Produk adalah program studi yang mempelajari tentang teknik artistik untuk mengkomunikasikan ide dan informasi secara efektif kepada audiens bisnis dan konsumen melalui penciptaan bentuk, bentuk, dan pengemasan yang efektif untuk sebuah produk. Jurusan ini menggabungkan seni dan kreativitas.

Ada beberapa hal yang dipelajari dalam jurusan desain produk. Ini termasuk instruksi dalam merancang dalam berbagai media plastik dan digital, konstruksi prototipe, pengembangan dan penyempurnaan desain, prinsip penghematan biaya, dan struktur produk dan kriteria kinerja yang relevan dengan parameter desain estetika.

Nah, itulah beberapa jurusan kuliah desain. Selain yang disebutkan diatas, tentu masih ada program studi desain lainnya. Jika kamu ingin berkarir di dunia desain, maka mengambil jurusan kuliah desain adalah pilihan yang tepat. Kerja keras, dedikasi dan pendidikan yang tepat bisa membantu kamu meraih karir yang cemerlang di bidang desain.