4 Rekomendasi Channel Youtube Anak yang Menghibur dan Mengedukasi

Sumber foto dari orami.co.id

Di era modern seperti ini, sudah sangat jarang anak yang bermain permainan tradisional. Kebanyakan anak-anak justru lebih senang menonton televisi maupun video di youtube. Sebagai orang tua, Anda harus mengawasi anak agar tidak terjerumus pada tontonan yang tidak baik.

Hal ini karena apa yang anak tonton dapat berpengaruh pada pola berpikirnya, perilakunya, dan berbagai dampak lainnya. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda mengarahkan anak untuk menonton video-video yang bermanfaat, sehingga dapat memberikan dampak positif bagi anak.

Rekomendasi Channel Youtube Anak

Ada banyak sekali video di Youtube. Namun, tidak semua video tersebut cocok untuk anak. Sebagai orang tua, Anda dapat mengarahkan anak agar menonton video edukasi. Saat ini, ada berbagai video edukasi anak yang dikemas dengan visual yang menarik. Ini dapat membantu anak belajar dan membuatnya terhibur dengan apa yang dia tonton. Nah, berikut ini adalah beberapa rekomendasi channel Youtube anak:

1.Nussa Official

Sumber foto dari id.theasianparent.com

Nussa Official adalah sebuah serial animasi Indonesia yang penuh edukasi, sehingga cocok untuk ditonton anak-anak. Channel youtube ini menyuguhkan video animasi dengan konsep cerita sehari-hari yang mudah dipahami. Video animasi Nussa dapat mengedukasi anak, khususnya dalam menanamkan nilai-nilai ajaran agama Islam sejak dini.

Baca juga:  Pentingnya Mengenalkan Cerita Pendek Anak untuk Pertumbuhan Sang Buah Hati

Serial animasi ini menceritakan kehidupan sehari-hari dua tokoh utamanya yakni Nussa dan Rarra. Ceritanya berpusat pada kehidupan Nussa yang kental dengan ajaran agama Islam serta interaksi dengan lingkungan sekitar. Banyak pesan positif yang disampaikan dalam animasi ini, yang tentunya dapat memberikan contoh yang baik bagi anak.

2.CoComelon Bahasa Indonesia

Sumber foto dari orami.co.id

CoComelon adalah channel Youtube yang sangat populer dan berisi berbagai video edukasi animasi untuk anak-anak. Channel yang satu ini sebenarnya berasal dari Amerika dan menggunakan bahasa Inggris. Namun, jangan khawatir, anak-anak tetap dapat menikmati video edukasi tersebut di CoComelon Bahasa Indonesia.

CoComelon dapat membantu anak-anak prasekolah belajar huruf, angka, suara binatang, warna, dan masih banyak lagi lainnya. Selain itu, video ini juga memberikan pelajaran sosial. Hal ini membuat orang tua memiliki kesempatan untuk mengajar dan bermain dengan anak-anaknya saat mereka menonton bersama.

Baca juga:  Doa Mau Tidur Lengkap Agar Tidak Diganggu Jin

3.Diva The Series

Sumber foto dari parenting.dream.co.id

Diva The Series merupakan serial animasi yang menceritakan tokoh utama gadis kecil bernama Diva. Dalam kesehariannya, Diva ditemani oleh kucing putih yang lucu bernama PUPUS. Disamping itu, serial animasi ini juga menampilkan berbagai tokoh lainnya yang semakin menambah keseruan ceritanya.

Serial animasi yang satu ini sangat cocok untuk ditonton anak-anak, khususnya bagi anak Indonesia. Hal ini karena Diva The Series mengambil latar belakang Indonesia dengan berbagai suku yang berbeda. Serial animasi ini juga dibalut dengan sentuhan moral dan mendidik bagi anak, sehingga tidak sekedar menjadi tontonan tapi juga dapat dijadikan sebagai hiburan.

Diva The Series mengangkat cerita anak-anak dalam kehidupan sehari-hari, yang penuh keseruan dan keceriaan. Dalam serial Diva The Series, terdapat juga berbagai edukasi untuk anak. Ini termasuk adanya suguhan cerita tentang persahabatan, bernyanyi bersama, dan juga mengenal keanekaragaman budaya Indonesia.

4.Riko The Series

Sumber foto dari m.mediaindonesia.com

Riko The Series juga menjadi salah satu channel Youtube yang dapat mengedukasi anak. Serial animasi ini menceritakan tentang keseharian Riko, seorang anak laki-laki berusia 8 tahun. Riko merupakan anak yang pintar, rajin, dan aktif. Dalam serial Riko The Series menampilkan petualangan Riko dan sahabatnya, Q110 untuk menemukan dan mempelajari hal – hal di sekitarnya.

Baca juga:  Ini Dia Obat Muntah Anak Tradisional dari Bahan-Bahan Alami

Dalam petualangannya, Riko sering menemukan hal – hal baru yang menarik perhatiannya. Hal-hal baru tersebut kemudian dijelaskan oleh Q110, sebuah robot yang menemani Riko. Dalam penjelasan Q110, Riko mendapatkan banyak pengetahuan, baik pengetahuan tentang dunia maupun agama. Selain itu, Riko juga mempelajari banyak hal soal ilmuan – ilmuan muslim dari penjuru dunia, kehebatan Allah sang maha pencipta, dan tentunya banyak hal lainya.

Nah, itulah rekomendasi channel Youtube anak yang mengedukasi. Selain yang disebutkan diatas, tentunya masih banyak channel Youtube dengan penuh edukasi lainnya. Sebagai orang tua, Anda dapat memilah-milah sendiri mana channel dan video apa yang cocok ditonton oleh anak-anak.

Sumber:
https://www.gramedia.com/best-seller/channel-youtube-edukatif-untuk-anak/
https://www.ibupedia.com/artikel/balita/12-rekomendasi-channel-youtube-untuk-anak-yang-edukatif