3 Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui
sumber gambar : unsplash.com

OMTELOLET – Bumi dengan segala kekayaan sumber daya alamnya merupakan hal penting untuk dipelajari oleh manusia, lebih dari sekedar pemanfaatannya. Terlebih, manusia harus mengerti betul contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui.

Pasalnya, tak semua sumber daya alam yang berasal dari Bumi itu dapat diperbaharui oleh manusia. Artinya, masih ada beberapa sumber daya alam yang masih bisa diperbaharui oleh Manusia. Jadi, itulah tugas manusia untuk bisa memahami apa saja sumber daya alam yang dapat diperbaharui.

Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Penggunaan sumber daya alam sangat bermanfaat untuk menunjang kemajuan dan kemudahan manusia dalam berbagai bidang kehidupan. Sehingga, manusia harus bisa mengantisipasi masa dimana habisnya ketersediaan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

Baca juga:  Review Brain Academy Ruangguru, Konsep Bimbel Modern untuk Meningkatkan Prestasi Akademik

Cahaya Matari Dapat Diperbaharui

Cahaya matahari memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga kehidupan seluruh mahluk hidup yang ada di Bumi. Energi panas dari Matahari dapat menghidupi manusia dan tumbuhan dengan mengkonversinya menjadi energi potensial.

Namun, ternyata energi panas dari cahaya matari dapat diperbaharui dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Melalui itu, manusia tetap dapat mendapatkan asupan energi agar tetap kuat menjalani berbagai aktifitasnya.

Angin Dapat Diperbaharui

Angin merupakan udara yang dapat bergerak dari dataran tinggi di Bumi dan kemudian mengalir ke dataran yang lehih rendah di permukaan Bumi. Angin tak hanya memberikan manfaat pada bidang kehidupan zaman dahulu, salah satunya sebagai penggerak kapal.

Baca juga:  Daftar PTN yang Menerima KIP Kuliah Jalur Mandiri di Tahun 2022
Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui
sumber gambar : unsplash.com

Namun, seiring dengan perkembangan zaman beserta teknologi yang semakin maju, ternyata energi angin juga dapat diperbaharui. Manusia bisa menggunakan turbin yang memiliki baling-baling panjang untuk memperbaharui energi angin. Sebut saja untuk sumber energi listrik, penggerak pompa saluran irigasi hingga membantu proses penyerbukan tanaman.

Tumbuhan dapat Diperbaharui

Tumbuh-tumbuhan merupakan salah satu jenis sumber daya alam yang juga dapat diperbaharui jumlahnya. Caranya yakni dengan merawat kemurnian tanah agar tidak banyak terkontaminasi oleh berbagai zat-zat kimia yang dapat merusak tanah.

Manusia hanya perlu melakukan hal tersebut untuk memastikan bahwa kelestarian tanah menjadi tetap sehat agar bisa terus memperbaharui berbagai tumbuhan. Pasalnya, tumbuh-tumbuhan merupakan salah satu sumber daya alam terpenting di muka Bumi.

Baca juga:  Bagaimana Cara Membuat Kolase? Ini Langkah-Langkahnya!

Keberadaan tumbuhan sebagai sumber makanan tak hanya memberikan manfaat untuk menjaga kelangsungan hidup seluruh mahluk di Bumi. Tumbuh-tumbuhan juga dapat menjadi sumber penghasil oksigen hingga mencegah terjadinya bencana alam.

 

sumber referensi ; https://bobo.grid.id/read/083329925/8-contoh-sumber-daya-alam-yang-dapat-diperbaharui?page=all