20 Jurusan Kuliah yang Banyak Peluang Kerja dan Gaji Besar, Temukan Disini Sekarang!

OMTELOLET – Berbagai pilihan jurusan kuliah banyak tersedia di universitas. Tahukah kamu tentang jurusan yang memiliki peluang kerja yang banyak dan tentunya memperoleh gaji besar? Yuk, cari tahu disini!

Nah, berbicara mengenai jurusan kuliah tentunya berkaitan dengan perkembangan dan kebutuhan pekerjaan di masa mendatang.

Berdasarkan temuan dari World Economic Forum’s dalam Future of Jobs Report 2020, perubahan pola kerja akan terjadi karena tenaga kerja otomatisasi meningkat lebih cepat dari perkiraan, revolusi robot menciptakan 97 juta pekerjaan baru, kemampuan berpikir analitis, kreativitas, dan fleksibilitas menjadi salah satu keterampilan yang paling dicari, bisnis yang paling kompetitif akan fokus pada peningkatan keterampilan pekerja, serta pekerjaan jarak jauh akan tetap ada.

Singkatnya, pekerjaan yang memberikan kesempatan tinggi berkaitan pada teknologi, internet, dan manajemen.

Lalu, bagaimana dengan pekerjaan yang tidak tersentuh oleh teknologi otomasi? Jangan khawatir ya, karena pekerjaan di bidang pendidikan, kesehatan, pelatihan, dan pekerjaan sosial akan tetap dibutuhkan sepanjang masa.

Berikut ini adalah jurusan kuliah yang lulusannya dibutuhkan di dunia kerja dan gajinya besar.

1. Jurusan Teknik Informatika

Mahasiswa jurusan ini dibentuk agar menjadi ahli dalam bidang teknologi. Kamu juga akan belajar tentang pemrograman hingga membuat aplikasi. Oleh karena itu, lulusan Jurusan Teknik Informatika akan sesuai dengan kebutuhan dunia di masa depan.

Baca juga:  Buruan Catat! Tanggal Pendaftaran SNMPTN 2022

2. Jurusan Teknik Elektro

Jurusan Teknik Elektro yang ilmunya memiliki pengaruh kuat dalam perkembangan peradaban manusia. Pasalnya, kebutuhan ilmu dari jurusan ini telah terbukti terus dibutuhkan hingga sekarang.

Di Jurusan Teknik Elektro tidak hanya belajar soal listrik, tetapi juga telekomunikasi. Lulusan dari jurusan ini sangat berperan penting dalam perkembangan teknologi internet dan komunikasi.

3. Jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan

Jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan merupakan jurusan yang cukup baru di Indonesia.

Di tahun 2021, hanya Universitas Airlangga yang memiliki jurusan ini. Kelahiran jurusan ini menandakan bahwa mulai dibutuhkannya SDM kompeten dalam mengembangkan integrasi antara robotika dengan kecerdasan buatan.

4. Jurusan Teknik Mesin

Jurusan Teknik Mesin adalah jurusan yang berkutat pada mesin yang digunakan pada berbagai objek teknologi. Bukan hanya itu, jurusan ini juga akan membuatmu belajar tentang pembuatan dan pengoperasian robot.

Jika masuk ke jurusan ini kamu wajib punya pengetahuan dasar sains, seperti Matematika, Fisika, dan Kimia.

5. Jurusan Teknik Biomedik

Kata teknik ternyata nggak hanya dilekatkan dengan informatika, elektro, dan mesin saja, tetapi juga medis.

Jurusan Teknik Biomedik merupakan gabungan Ilmu Keteknikan dan Ilmu Kedokteran yang mempelajari perancangan alat-alat mekanik dan elektronik untuk dunia kesehatan.

Jadi, jurusan ini hadir untuk membangun teknologi kesehatan demi mengembangkan industri alat medis di Indonesia.

6. Jurusan Ilmu Komputer

Jurusan Ilmu Komputer merupakan salah satu jurusan Saintek yang nggak ada matinya. Adanya kemajuan teknologi yang mengarah pada pemanfaatan teknologi komputer dan informasi membuat jurusan ini banyak diincar oleh anak IPA.

Baca juga:  Menilik Peluang Pekerjaan Hubungan Internasional

Di Jurusan Ilmu Komputer kamu akan dibentuk untuk menjadi mahasiswa yang memiliki wawasan global dan tanggap terhadap kebutuhan dunia di bidang teknologi komputer dan informasi.

7. Jurusan Teknologi Informasi

Jurusan berikutnya yang masih berkaitan dengan teknologi ialah Jurusan Teknologi Informasi. Mahasiswa jurusan ini akan belajar konsep dasar computing dan matematika, prinsip teknologi informasi, hingga pengelolaan dan evaluasi terkait sumber daya informasi.

8. Jurusan Matematika

Jurusan Matematika merupakan jurusan yang akan membuat mahasiswanya memecahkan permasalahan melalui permodelan rumus beserta hitungan matematika, sehingga dapat ditemukan solusinya.

Bahkan, mata kuliah yang dipelajari pun akan membuatmu selalu bertemu dengan data dan angka, seperti Aljabar, Kalkulus, Geometri, Matematika keuangan, dan lain-lain.

9. Jurusan Statistika

Dalam World Economic Forum’s disebutkan bahwa salah satu profesi yang dibutuhkan di masa depan adalah data scientist.

Nah, salah satu jurusan pencetak lulusan yang mampu bekerja di bidang itu ialah Jurusan Statistika. Hal ini disebabkan mahasiswa Jurusan Statistika akan diajarkan tata cara mengumpulkan, mengolah, mengelola, menganalisis, menginterpretasikan, hingga menyajikan data.

10. Jurusan Ilmu Ekonomi

Jurusan Ilmu Ekonomi adalah jurusan yang mempelajari strategi pengelolaan sumber daya yang terbatas terhadap permintaan yang tidak terbatas, sehingga dapat mencapai kesejahteraan.

Kemampuan menyusun strategi seperti itu juga dibutuhkan di instansi pemerintahan dan swasta.

11. Jurusan Manajemen

Berkuliah di jurusan ini akan membuatmu belajar banyak ilmu pengelolaan bisnis, mulai dari menyusun strategi dan rencana, memasarkan produk, hingga merekrut SDM.

Selain itu, mahasiswa Jurusan Manajemen juga akan belajar Ilmu Pengantar Teknologi Informasi yang sesuai dengan perkembangan dunia di masa depan.

12. Jurusan Akuntansi

Di jurusan ini, mahasiswa perlu terampil dan teliti dalam menghitung serta mengatur keuangan.

Baca juga:  S1 Fisioterapi Bisa Kerja Apa? Berikut Ini Info Lengkapnya

13. Jurusan Marketing

Di jurusan ini, kamu akan belajar menganalisis pasar hingga memasarkan produk. Oleh karena itu, kecakapan dalam berbicara sangat dibutuhkan.

Selain itu, pada beberapa kampus juga akan diajarkan cara menyusun strategi kreatif periklanan, membuat desain iklan, menulis iklan yang menarik, dan lain-lain.

14. Jurusan Desain

Lulusan Jurusan Desain, baik itu Jurusan Desain Komunikasi Visual, Jurusan Desain Produk, hingga Jurusan Desain Interior lagi banyak dicari.

Kreativitas dan kemampuan mereka menggunakan teknologi mampu menarik minat masyarakat luas. Selain itu, ada pula Jurusan Desain Mode yang nggak kalah kreatifnya.

15. Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi adalah jurusan yang belajar tata cara penyampaian pesan yang efektif agar tepat sasaran.

16. Jurusan Pendidikan

Guru memiliki peranan untuk membangun SDM di dunia. Makanya, lulusan Jurusan Pendidikan akan selalu dibutuhkan. Nah, sekarang tinggal kamu pilih saja mau kuliah di Jurusan Pendidikan yang mana? PGSD, PAUD, PLB, atau lainnya?

17. Jurusan Kedokteran

Jurusan Kedokteran menjadi salah satu jurusan dari rumpun Saintek yang banyak diincar oleh anak IPA. Hal ini dikarenakan prospek kerja menjanjikan dari jurusan ini yang akan selalu dibutuhkan sampai kapan pun.

Jadi, jangan ragu untuk pilih jurusan ini kalau kamu jago dalam materi IPA, seperti Biologi, ya.

18. Jurusan Keperawatan

Selain Jurusan Kedokteran, lulusan jurusan kesehatan lain yang paling dibutuhkan di masa depan adalah Jurusan Keperawatan.

Di jurusan ini, mahasiswanya akan mempelajari cara penanganan pasien untuk membantu tugas dokter.

Jadi, lulusan jurusan ini nggak kalah penting dari dokter lho posisinya di dunia kerja.

19. Jurusan Kesehatan Masyarakat

Jurusan Kesehatan Masyarakat adalah jurusan yang mempelajari ilmu tentang peningkatan mutu kesehatan masyarakat serta pencegahan penyakit di tengah masyarakat.

20. Jurusan Farmasi

Nantinya lulusan Jurusan Farmasi akan bekerja di balik layar untuk mengidentifikasi, meracik, hingga menganalisis obat-obatan yang cocok dengan standar kelayakan kesehatan.

Nah, karena tugasnya tersebut, maka lulusan jurusan ini akan selalu dibutuhkan guna menyediakan asupan obat yang dapat menjaga kesehatan dan menyembuhkan orang sakit.

Nah, itulah jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja dan gajinya besar. Semoga bermanfaat ya.