10  Film dengan Review Terbaik Sepanjang Masa

Foto oleh Tima Miroshnichenko dari Pexels

Dilansir dari jpnn.com, berikut film dengan review terbaik sepanjang masa yang wajib kamu tonton.

The Godfather

The Godfather rilis pada tahun 1972 dan merupakan pemimpin box office pada tahun itu. Film ini bahkan memperoleh tiga piala Oscar dan masuk dalam tujuh nominasi. Karena kesuksesannya, menjadikan film The Godfather sangat berpengaruh dalam dunia perfilman terutama dalam genre gangster. Pada tahun 1990 film ini dipilih sebagai salah satu film yang dilestarikan dalam Amerika Serikat Film Institute.

Film yang disutradarai oleh Francis Ford Coppola ini berkisah tentang keluarga kriminal yang ada di New York. Terutama berfokus pada perjalanan hidup Michael Corleone yang akhirnya menjadi bos mafia kejam.

Forrest Gump

Film yang disutradarai  Robert Zemeckis ini merupakan adaptasi dari novel keluaran 1986 karya Winston Groom. Dengan menggaet Tom Hanks, film ini berhasil meraih kesukesan menjadi film terlaris di Amerika Utara pada tahun perilisannya. Selain itu, film ini juga masuk ke dalam 13 nominasi Academy Awards dan memenangkan enam diantaranya.

Berkisah tentang perjalanan hidup seorang pria yang memiliki IQ 75. Meskipun memiliki IQ di bawah rata-rata namun ia memiliki kisah yang luar biasa dalam hidupnya. Ia bertemu dengan tokoh-tokoh bersejarah dan tanpa sadar dirinya juga turut andil dalam mempengaruhi budaya pop dan peristiwa-persitiwa sejarah.

Baca juga:  Dibanderol Rp 1,5 Jutaan, Cek Spesifikasi Lengkap Xiaomi Redmi 10A yang Resmi di Indonesia

2001: A Space Odyssey

2001: A Space Odyssey, Masterpiece Atau Film yang Membosankan?
Cultura.id

Film keluaran 1968 ini menjadi film terbaik selanjutnya karena kesuksesan yang didapat. Film ini berhasil masuk ke dalam empat nominasi Academy Award dan berhasil menang pada nominasi efek visual. Selain itu film ini juga memenangkan penghargaan Kansas City Film Critics Circle untuk sutradara terbaik dan film terbaik 1968.

Bertemakan tentang evolusi manusia, film ini menceritakan tentang perubahan manusia dari masa ke masa. Selain itu juga digambarkan perubahan teknologi hingga penciptaan kecerdasan buatan dan mengetahui kehidupan luar bumi.

Taxi Driver

Taxi Driver rilis pada tahun1976 dan berhasil mendapatkan empat nominasi dalam ajang penghargaan Academy Awards.

Naskah film ini ditulis oleh Paul Schrader dan disutradarai oleh Martin Scorsesedan. Berkisah tentang seorang sopir taksi yang merupakan seorang bekas tentang Perang Vietnam. Beberapa aktor yang berkontribusi dalam film yaitu Robert De Niro, Jodie Foster, Harvey Keitel, dan Albert Brooks.

Raging Bull

Court Allows 'Raging Bull' Lawsuit To Go Forward
NBC News

Raging Ball merupakan film biografi yang disutradarai oleh Martin Scrosese dan diproduseri oleh  Robert Chartoff dan Irwin Winkler. Naskah dari film ini sebenarnya berasal dari memoar Jake La Motta berjudul Raging Bull: My Name. Kemudian diadaptasi ke dalam bentuk naskah oleh Paul Schrader dan Mardik Martin.

Baca juga:  Intip 10 Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Bandung yang Buka saat Lebaran

Jake La Motte yang diperankan oleh Robert De Niro merupakan petinju kelas menengah Italia-Amerika. Jake dikenal memiliki sifat yang keras, impulsif, dan nafsu makan yang liar. Sifat buruk yang dimilikinya membuat hubungan dengan istrinya menjadi tidak baik.

The Godfather Part II

The Godfather Part II merupakan sekuel dari film sebelumnya yaitu The Godfather. Film ini disutradarai oleh Francis Ford Coppola dan dibintangi oleh aktor Al Pacino dan Robert De Niro.

Prekuel dari film ini berkisah tentang perjalanan Vito Corleone (De Diro) dari masa kecil hingga mendirikan sebuah usaha di New York. Ia merupakan ayah dari Michael Corleone yang kisahnya akan diceritakan pasa sekuel ini. Michael tengah berusah melindungi bisnis keluarganya agar tetap bertahan.

Goodfellas

Goodfellas merupakan adaptasi dari buku berjudul Wise Guy karya Nicholas Pileggai. Film ini dibintangi oleh Robert De Niro, Joe Pesci, dan Ray Liotta. Berkisah tentang jatuh bangunnya anggota mafia Henry Hill dan teman-temannya selama periode 1955-1980.

Film ini dapat dikatakan sebagai film yang sukses karena menuai ulasan positif dari kritikus. Selain itu juga masuk dalam enam nominasi Academy Award dan memenangkan satu yakni aktor pendukung terbaik yang diraih oleh Pesci.

Baca juga:  Review Bimbel Brain Academy Center: Harga, Fasilitas & Keunggulannya

Pulp Fiction

Sinopsis Pulp Fiction, Adegan Ikonik Uma Thurman dan John Travolta
Kompas.com

Plup Fiction disutradarai oleh Qeuntin Tarantino dan penulis naskahnya ialah Roger Avary. Aktor yang turut membintangi film ini antara lain John Travolta, Samuel L. Jackson, Uma Thurman, Bruce Willis, Tim Roth, dan Ving Rhames.

Film ini berkisah tentang kehidupan kriminal yang diceritakan dengan alur yang menarik.Kkeunikan dari film ini adalah terletak pada dialognya yang mengandung kosakata unik.

Pulp Fiction berhasil masuk ke dalam tujuh nominasi Piala Oscar dan berhasil memenangkan untuk kategori Best Original Screenplay.

A Clockwork Orange

Film ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya Anthony Burgess. Sutradara dari film ini ialah Stanley Kubrik dan rilis pada tahun 1971. Pemeran dalam film ini antara lain Malcolm McDowell dan Patrick Magee.

Meskipun dinilai bagus, sayangnya film ini harus ditarik karena terjadi sebuah kontroversi. Terdapat bagian dari film yang dinilai tidak layak untuk dipertontonkan.

A Sanjuro

Film yang disutradarai oleh Akira Kurosawa ini berkisah tentang pertarungan pedang Mifune. Rilis pada tahun 1962, film ini dibintangi oleh Toshiro Mifune. Film ini mendapat sambutan positif dari para kritikus. Ini memegang peringkat 100% pada agregator ulasan Rotten Tomatoes berdasarkan 23 ulasan, dengan rata – rata tertimbang 8,38 / 10.

 

 

Sumber:

  1. “10 Film Terbaik Sepanjang Masa, Wajib Ditonton Setidaknya Sekali dalam Hidup”. https://www.jpnn.com/news/10-film-terbaik-sepanjang-masa-wajib-ditonton-setidaknya-sekali-dalam-hidup.

William, Abraham. 2021. “Sinopsis Taxi Driver, Robert de Niro Menjadi Sopir Taksi”. https://www.kompas.com/hype/read/2021/07/19/184500366/sinopsis-taxi-driver-robert-de-niro-menjadi-sopir-taksi-.